banner 970x250

Maskara Bantu Distribusikan Vaksin Covid-19 Untuk Lansia di Desa

Maskara Bantu Distribusikan Vaksin Covid-19 Untuk Lansia di Desa

Bandung, Brilianews.com – Mobil Aspirasi Kampung Juara atau Maskara, mobil serbaguna bantuan Pemprov. Jawa Barat (Jabar) untuk desa mandiri, dimanfaatkan untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) di pedesaan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar Bambang Tirtoyuliono, para kepala desa yang sudah mendapat Maskara mendukung penuh program tersebut.

“Kita dari DPM-Desa hanya menyiapkan sarana itu (Maskara) dan memastikan aparat desa atau Satgas yang ada di desa, membantu proses vaksinasi. Sedangkan vaksinatornya dari Dinas Kesehatan,” katanya di Bandung, pekan ini.

Baca Juga  KIJB, Ridwan Kamil Wajibkan Inovasi Terbaik Direplikasi 27 Pemda di Jabar

Menurut Bambang, desa yang memiliki Maskara tidak hanya membantu pendistribusian vaksin untuk kebutuhan daerahnya, tapi juga dapat meminjamkan mobil Maskara nya kepada desa yang belum mendapat mobil tersebut.

“Kami sudah komunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, bahwa Maskara akan digunakan untuk memobilisasi vaksin Covid-19 di Jabar, ” imbuhnya.

Bambang mengungkapkan, dari 5312 desa di Jawa Barat baru 228 desa yang sudah mendapatkan mobil Maskara.

Tahun ini Pemprov. Jabar melakukan pengadaan Maskara sebanyak 129 unit Maskara, padahal yang dibutuhkan 172 unit.

Baca Juga  Pemkot Bandung Sambut Baik RS Swasta Edelweiss, Segera Layani Pasien BPJS

“Pengadaan 129 unit masih dalam proses, karena kita menginginkan pengadasnnya melalui e-katalog. Jadi tidak melalui lelang, ” pungkasnya. (Afria)