banner 970x250

SpaceX Kembali Luncurkan 60 Satelit Starlink

SpaceX Kembali Luncurkan Satelit Starlink

Florida, Brilianews.com – SpaceX kembali meyiarkan peluncurkan 60 satelit Starlink di kanal Youtube SpaceX.

Enam puluh Satelit ini diluncurkan di Komplek Peluncuran Luar Angkasa 40 (SLC-40), Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida.

“Ini adalah misi Starlink ke 21 atau misi ke 7 di tahun 2021,” ucap Kepala Insinyur Manufaktur Jessie Anderson di Kantor Pusat SpaceX, Hawthorne, California, Amerika Serikat, Kamis (11/3/2021).

Ia juga menuturkan, sebagai konstelasi satelit global, Starlink dapat memberikan akses internet kepada daerah yang sebelumnya tidak memiliki atau memiliki jaringan yang buruk.

Baca Juga  Siprokarling, Cocok Untuk Permukiman Perkotaan

Jessie menambahkan, karena ketinggian orbit satelit Starlink yang lebih rendah dari satelit pada umumnya, Starlink dapat memberikan latensi yang lebih rendah.

Peluncuran ini menggunakan roket pendorong tahap pertama Falcon 9, yang kemudian akan mendarat di kapal drone “Just Read the Instructions” (Baca Saja Petunjuknya) yang berada di Samudra Atlantik.

Falcon 9 juga digunakan pada misi sebelumnya untuk menerbangkan astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Misi ANASIS-II, CRS-21, Transporter-1, dan Misi Starlink.

Enam puluh Satelit diluncurkan di Komplek Peluncuran Luar Angkasa 40 (SLC-40), Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida.

Starlink ideal untuk daerah terpencil yang jauh dari perkotaan dan tidak memungkinkan untuk memasang infrastruktur jalur darat. Yang dibutuhkan hanya Starlink Kit, listrik, dan langit yang tak tertutup apapun.

Baca Juga  Bidik Investor Pemula, Indo Premier Sekuritas Luncurkan Aplikasi IPOT EZ

Starlink sendiri sedang melakukan tes beta publik di Amerika Serikat, Kanada, Jerman, New Zealand dan Britania Raya. (Adi)