banner 970x250

Crew Dragon Resilience Sukses Lakukan Pendaratan

Crew Dragon Resilience Sukses Lakukan Pendaratan
Crew Dragon Resilience, sukses melakukan pendaratan

Florida, Brilianews.com – Crew-1, atau disebut juga Crew Dragon Resilience, sukses melakukan pendaratan air di Pantai Florida. Pendaratan ini menandakan berakhirnya misi Crew Dragon Resilience kali ini, yang dimulai 6 bulan yang lalu. Misi ini disiarkan langsung di kanal Youtube SpaceX dan NASA.

Misi pulangnya Crew Dragon Resilience, yang merupakan kerja sama Nasa dan SpaceX, dimulai dengan pelepasannya dari International Space Station (ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional) secara otomatis pada hari Minggu (2/5/2021) pukul 00:35​ UTC atau 07:35 WIB, dengan perkiraan pendaratan pada hari yang sama pukul 6:57​ UTC atau 13:57 WIB.

Crew Dragon Resilience membawa awak astronot NASA Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan astronot JAXA Soichi Noguchi, yang mengudara enam bulan lalu saat menggunakan roket pendorong Falcon 9 dari Komplek Peluncuran 39A (LC-39A) di Pusat Luar Angkasa Kennedy di Florida, hari Minggu (15/11/2020).

Crew Dragon Resilience, sukses melakukan pendaratan
Crew Dragon Resilience Sukses Lakukan Pendaratan di Pantai Florida

Crew Dragon Resilience akan melepaskan diri dari ISS, menjauh dari orbitnya dan akan melakukan proses memasuki atmosfer Bumi. Setelah itu Dragon akan membuka dua parasut awal sebagai pelambat dan penstabil sekaligus penarik empat parasut utama sebagai persiapan pendaratan air yang mulus.

Baca Juga  Nasa - SpaceX Sukses Luncurkan Empat Astronot Mengunakan Crew Dragon Endeavour

Setelah mendarat, Crew Dragon Resilience dan astronot di dalamnya akan sesegera mungkin di jemput dan kembali masing-masing ke Tanjung Canaveral dan Houston.

Dragon sendiri akan diperiksa dan diperbaharui untuk digunakan pada misi penerbangan kru astronot berikutnya. (Adi)