banner 970x250

UTBK SBMPTN UPI Gelombang I dan II Tahun 2021 Berjalan Lancar

UTBK SBMPTN UPI Gelombang I dan II Tahun 2021 Berjalan Lancar
UTBK SBMPTN UPI Gelombang I dan II Tahun 2021 Berjalan Lancar

Bandung, Brilianews.com – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Gelombang I dan II tahun 2021, terlaksana dengan baik.

Total peserta UTBK gelombang I dan II 20.244 orang, 19 peserta diantaranya penyandang disabilitas tuna netra, dengan lokasi ujian di 7 kampus UPI dan 2 mitra yakni Poktekpos dan Polban.

UTBK SBMPTN ini diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kolaborasi dengan Universitas Pendidikan Indonesia.

“Penyelenggaraan UTBK pada gelombang I dan II sudah terlaksana dengan baik,” ucap Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia Deni Darmawan di Kampus UPI Bumi Siliwangi, Sabtu (1/5/2021).

Deni menjabarkan, lokasi ujian UTBK UPI tersebar di Kampus UPI Bumi Siliwangi dan kampus daerah UPI Cibiru, UPI Sumedang, UPI Purwakarta serta Mitra UPI di PolTekPos dan PolBan.

Baca Juga  Lancaster University dan Deakin University akan Buka Kampus Bersama di Kota Bandung

Selain melalui jalur SBMPTN, lanjut Deni UPI juga menyelenggarakan jalur seleksi mandiri (SM) dan jalur prestasi istimewa (PI).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Didi Sukyadi menjelaskan, Seleksi Mandiri UPI dilakukan untuk memfasilitasi masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi, namun belum dapat lulus pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN.

UTBK SBMPTN UPI Gelombang I dan II Tahun 2021 Berjalan Lancar
UTBK SBMPTN UPI Gelombang I dan II Tahun 2021 Berjalan Lancar

“Dengan mengikuti seleksi mandiri di UPI diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut, dapat menggapai cita-citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan,” tuturnya.

Pada jalur PI, Didi juga menjelaskan, jalur ini lebih mengedepankan prestasi yang dimiliki peserta. Prestasi istimewa ini ditunjukkan melalui karya seni atau teknologi monumental yang mendapat pengakuan masyarakat, atau berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui seleksi calon mahasiswa baru PI ini diharapkan dapat meningkatkan keunggulan dan prestasi mahasiswa UPI, pada tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Baca Juga  Bangun Gedung Pasca Sarjana, FPEB dan FPSD UPI, Dirjen Diktiristek Minta Biaya Kuliah Tidak Naik

Berkaitan dengan jalur SM, Direktur Pendidikan UPI Asep Supriatna menuturkan, daya tampung seleksi mandiri sebanyak 3.003 dari 10.115 kuota untuk semua jalur seleksi.

Pendaftarannya mulai 31 Mei hingga 2 Juli 2021.

Asep menuturkan, Ujian melalui UTBK pada 20-22 Juli 2021 secara luring. Sedangkan Ujian Keterampilan dan Wawancara dijadwalkan pada 23-24 Juli 2021 secara daring/ luring sesuai kondisi.

“Pengumuman Hasil Ujian Kelulusan akan disampaikan pada 13 Agustus 2021,” tuturnya. (Adi)