banner 970x250

Hadirkan Spirit Kurban Dalam Iduladha 1442 Hijriah

Hadirkan Spirit Kurban Dalam Iduladha 1442 Hijriah
Hadirkan Spirit Kurban Dalam Iduladha 1442 Hijriah

Kota Bandung, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia melalui Panitia Iduladha 1442 Hijriah/2021 menyelenggarakan kegiatan Tayang Bincang dengan tema “Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom, dan juga disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube TVUPI (16/7/2021).

Tayang bincang ini dihadiri 557 orang secara daring dengan menghadiekan narasumber Ustad Habib Husein Ja’far Al Hadar, yang merupakan Pendakwah Millenial Pemuda di Indonesia, .

“Melalui tema Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh kita dapat mengambil hikmah dari nilai-nilai fundamental sebagai pribadi muslim dalam berqurban, terutama ditengah pandemi Covid-19 ini,” ucap Ketua Pelaksana Dr. Syaifullah yang juga merupakan salah satu narasumber dalam acara tersebut.

Sementara itu Ketua Umum DKM Mesjid Al-Furqon Prof. Dr. H. Syihabuddin menuturkan, spirit qurban sejalan dengan nilai qurban sebagai penyemangat dalam berbagai kegiatan kebaikan, ibadah dan kegiatan positif lainya.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan tayang bincang ini juga sejalan dengan yang dicontohkan para nabi dan Rasulullah SAW.

“Semoga pribadi muslim yang tangguh ini bisa menjadi pribadi kita semuanya,” tutur Syihabuddin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Iduladha UPI 1442 Hijriah/2021 Prof. Dr. Tri Indri Hardini, yang juga Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI mengatakan, kegiatan Tayang Bincang diselenggarakan dalam rangka penyelenggaraan Iduladha 1442 Hijriah/2021 di Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca Juga  Bio Farma Dukung Kesehatan Reproduksi Wanita Menuju Indonesia Emas 2045
Hadirkan Spirit Kurban Dalam Idul Adha 1442 Hijriah
Hadirkan Spirit Kurban Dalam Iduladha 1442 Hijriah

Tri Indri Hardini menjelaskan bahwa penyelanggaraan Iduladha 1442 Hijriah/2021 terdiri dari berberapa kegiatan yakni Penitipan, Penyembelihan, dan Pendistribusian Hewan Qurban, Tayang Bincang dengan tema “Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh” bersama Habib Husein Ja’far Al Hadar.

Kegiatan lainnya berupa Lomba Penulisan puisi dan cerpen dengan tema Idul Qurban UPI 2021, Khitanan Massal untuk 20 peserta khitan serta Pelaksanaan Takbir dan Shalat Iduladha.

Menurutnya, rangkaian kegiatan Iduladha 1442 Hijriah/2021, mendapat respon positif dari publik, khususnya Keluarga Besar UPI serta masyarakat pada umumnya.

“Hal tersebut bisa dilihat dengan tingginya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan tayang bincang serta jumlah para peserta lomba cerpen yang diikuti 1.099 peserta,” ucap Tri Indri Hardini.

Ia juga menegaskan, bahwa kegiatan Iduladha 1442 Hijriah/2021 diselenggarakan mengikuti kebijakan pemerintah tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Pada webinar tersebut, dalam uraiannya, Habib Husein Ja’far Al Hadar menyampaikan makna surat Al-Kausar Ayat ke 2 tentang perintah berqurban.

Baca Juga  Es Cendol Elizabeth, Legenda Kuliner Khas Kota Bandung

“Allah SWT berfirman “Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah),” tuturnya.

Habib Husein Ja’far Al Hadar juga menjelaskan tentang Fondasi ajaran agama Islam adalah Tauhid.

Menurutnya, paling tidak ada tiga pelajaran penting dan bermakna dari ajaran qurban.

Pertama, berqurban merupakan satu ajaran yang mengajarkan kepada kita untuk tidak menukar ketaqwaan kita dengan yang lain yang sifatnya duniawi, selain dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kedua, setiap orang pasti punya sifat kebinatangan yang sumbernya dari hawa nafsu. Jihad paling utama adalah perang melawan hawa nafsu pada diri kita sendiri. Melalui qurban, kita belajar menjauhkan dari sifat kebinatangan.

“Ketiga, spirit qurban mengajarkan satu prinsip utama dalam keimanan kita, senantiasa menyembah kepada Allah SWT, ” ucapnya. (Adi)