banner 970x250

Dukung Percepatan Herd Immunity, Bio Farma Gelar Vaksinasi Gotong Royong Covid-19 Gratis

Dukung Percepatan Herd Immunity, Bio Farma Gelar Vaksinasi Gotong Royong Covid-19 Gratis
Dukung Percepatan Herd Immunity, Bio Farma Gelar Vaksinasi Gotong Royong Covid-19 Gratis

Bandung, Brilianews.com – Kementerian Kesehatan RI menetapkan target nasional vaksinasi Covid-19, sebanyak 208 juta penduduk Indonesia mulai usia diatas 12 tahun untuk
terciptanya herd immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat.

Untuk itu, pemerintah memberikan penugasan kepada Bio Farma, dalam penyediaan vaksin Covid-19 termasuk produksi (fill and finish) dan distribusi.

Guna mempercepat tetcapainya herd immunity tetsebut, Bio Farma turut berkontribusi dengan menggelar Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Covid-19 secara gratis bagi masyarakar umum.

Vaksinasi berlangsung di Gedungnya Serba Guna selama lima hari
mulai 11 – 16 Oktober 2021,

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, program vaksinasi gotong royong bagi masyarakat umum yang digelar digelar sebagai salah satu upaya percepatan pencapaian program vaksinasi nasional dan memerdekakan warga dari penularan Covid-19

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas dan keamanan vaksin, karena telah diuji secara klinis oleh Badan POM. Setiap orang yang divaksinasi hari ini telah menjadi bagian penting dalam perlawanan bersama terhadap pandemi Covid-19. Karena itu, saya berharap Bapak dan Ibu dapat mengajak keluarga atau masyarakat sekitar untuk segera mendapatkan vaksin”, ujar Honesti.

Baca Juga  Peringati Hari Bumi Sedunia, Bio Farma Tanam 4000 Bibit Pohon Mangrove

Dalam kesempatan yang sama, Senior Executive Vice President (SEVP) Human Capital & Compliance Bio Farma Disril Revolin Putra menjelaskan, vaksinasi gotong royong ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Bio Farma. Program ini menargetkan 12.500 peserta tersebar di area Bandung raya dan Purwakarta masing – masing, 5.000 peserta, dan untuk area Purwakarta dan 2.500 peserta serta area Jawa Tengah.

“Vaksin yang dipergunakan dalam program ini adalah vaksin Covid-19 dari Sinopharm. Kegiatan ini, tidak hanya akan dilaksanakan untuk area Bandung raya saja, tetapi juga untuk masyarakat Purwakarta dan Jawa Tengah, yang terbuka untuk masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksinasi sama sekali, dengan usia minimal 18 tahun 6 bulan, dapat mendaftar dalam program ini. Vaksinasi dosis pertama dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 16 Oktober 2021 dan vaksinasi kedua akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 6 November 2021. Sementara untuk Purwakarta dan Jawa Tengah rencananya akan digelar pada pekan ke 3 Oktober 2021,” ungkap Disril.

Baca Juga  Atasi PMK, Fakultas Peternakan Unpad Beri Bantuan Vitamin Untuk Sapi di KPBS

Diketahui VGR sebenarnya adalah program vaksinasi berbayar, diluar program vaksinasi gratis yang digelar pemerintah. Dalam hal ini, VGR dibiayai oleh program TJSL/CSR Bio Farma, sehingga masyarakat tetap dapat divaksin secara gratis. (Ida)