banner 970x250

Rekor Baru, Jumlah Investor Saham Indonesia Tembus 3 Juta SID

Rekor Baru, Jumlah Investor Saham Indonesia Tembus 3 Juta SID
Rekor Baru, Jumlah Investor Saham Indonesia Tembus 3 Juta SID

Jakarta, Brilianews.com – Jumlah investor saham dan investor saham baru di Bursa Efek Indonesia (BEI), capai rekor.

Hingga pembukaan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021 pada Kamis (14/10), jumlah investor saham sudah melampaui angka 3.000.000 atau tepatnya 3.008.318 single investor identification
(SID).

Rekor juga tercipta dengan capaian satu juta investor saham baru, di sepanjang tahun 2021 sampai 31 Agustus lalu.

Hal tersebut merupakan pencapaian menggembirakan dari pasar modal Indonesia, ditengah peringatan
44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, tercapainya rekor baru jumlah investor saham di BEI dan investor saham baru di sepanjang tahun 2021, tidak terlepas dari dukungan serta dominasi generasi muda.

Hal ini diharapkan semakin memperkuat peran investor lokal yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurut Hasan Fawzi, jumlah investor pasar modal Indonesia baik saham, obligasi, maupun reksadana, per 14 Oktober 2021 telah mencapai 6.597.100 SID.

Baca Juga  Sosialisasi Perda Pemberdayaan Perempuan, Legislator Jabar ini Targetkan Aktivis Perempuan

Pertumbuhan dan aktivitas investor pasar modal ini, memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hasan Fawzi menuturkan BEI terus berupaya menarik minat generasi muda untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia, dengan gencar menggelar berbagai kegiatan edukasi dan sosialisi.

Salah satu kegiatannya menyelenggarakan CMSE 2021 pada 14 – 16 Oktober 2021, bersama PT Kliring Penjaminan
Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta didukung oleh Otoritas Jasa
Keuangan (OJK).

“Kami yakin dengan edukasi dan pengetahuan yang baik tentang pasar modal akan membantu para calon investor, khususnya generasi muda dalam menentukan strategi investasi untuk masa depan yang lebih baik,” katanya pada penutupan CMSE 2021, Sabtu (16/10/2021).

Hasan Fawzi menandaskan peran serta investor’s generasi muda akan menjadi salah satu aspek penting yang akan memperkuat ketahanan pasar modal Indonesia, ketahanan ekonomi nasional serta mengakselerasi pemulihan ekonomi
nasional.

Baca Juga  TPPAS Lulut Nambo Mulai Diujicoba, Ditargetkan Beroperasi Maret 2024

Dia menambahkan sampai hari terakhir penyelenggaraan CMSE 2021, Sabtu (16/10), antusiasme peserta terhadap
acara tersebut cukup tinggi. Hal itu terlihat dari total peserta (booth visitor dan summit viewers), tercatat sebanyak 101.443 peserta yang didominasi oleh generasi milenial serta Gen Z baik berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Rekor tercatat pada seremoni pembukaan CMSE 2021 yang dihadiri oleh total 4.353 viewers. Total viewers dari 9 event summit yang telah berlangsung adalah 18.974 viewers, dengan rincian 16.292 viewers dari laman web cmse.id dan
2.682 viewers dari kanal YouTube Indonesia Stock Exchange, ” pungkasnya. (Ida)