banner 970x250

UPI – BSI Kerjasama Layanan Perbankan Syariah

UPI - BSI Kerjasama Layanan Perbankan Syariah
UPI - BSI Kerjasama Layanan Perbankan Syariah

Bandung, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan dengan sistem syariah.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor UPI Prof. Dr. H. M. Solehuddin dan Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdulah Firman Wibowo di Gedung Parter Kampus UPI Bumi Siliwangi jalan Setiabudhi kota Bandung, Jumat (22/10/2021).

BSI merupakan merger dari Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.

“Kita sudah saatnya meningkatkan layanan prima kepada civitas akademik UPI, apakah itu dosen, karyawan maupun mahasiswa, ” ujar Rektor UPI Prof. Dr. H. M Solehudin usai penandatanganan.

Rektor mengatakan BSI memiliki kekhasan tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan sebagian dari civitas akademik UPI.

Baca Juga  Tim Cool Roof UPI Luncurkan Becool, Solusi Atasi Pemanasan Global

“Di UPI sudah ada kelompok orang yang merasa, lebih cocok dan nyaman dengan bank Syariah, ” ucap Rektor.

Rektor menuturkan ada edaran PMK (Peraturan Menterin Keuangan), bahwa penyaluran gaji dilakukan melalui bank konvensional dan bank syariah.

“Jadi keberadaan BSI melengkapi bank konvensional yang sudah ada di UPI, sehingga civitas akademika termasuk karyawan mempunyai pilihan untuk menggunakan layanan perbank-an konvensional atau bank syariah dalam urusan keuangan, ” ucapnya.

Solehuddin menuturkan, kerja sama ini juga sebagai salah satu usaha UPI untuk bertahan ke depan.

UPI tidak bisa lagi mengandalkan hanya pembiayaan dari pemerintah dan mahasiswa

“Rasanya ke depan UPI tidak bisa lagi berdiri seperti sekarang. Saya katakan harus ada proses korporatisasi perguruan tinggi,” tuturnya.

Oleh karena itu, tambah Solehuddin, di era sekarang dan ke depan kita harus membuka diri lebar-lebar, melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Baca Juga  PTDI Perkuat Kerjasama dengan Turkish Aerospace

“Dan dari kerja sama itu kita akan memperoleh banyak keuntungan yang saling menguntungkan, bukan keuntungan sepihak,” ucapnya.

Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdullah Firman Wibowo menyatakan suatu kebanggaan bisa bekerjasama dengan UPI. Potensi nasabah dari UPI cukup besar, dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 ribuan orang.

“Dengan adanya sinergi ini kita bisa tumbuh dan maju bersama, ” imbuhnya. (Ida)