banner 970x250

Ormasday#1, Ridwan Kamil : Pemerintah Butuh Dukungan Ormas

Ormasday#1, Pemerintah Butuh Dukungan Ormas
Ormasday#1, Pemerintah Butuh Dukungan Ormas

Bandung, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat menghadiri puncak acara Ormas Day 2021 di Hotel Horison Bandung, Selasa (16/11/2021). Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Santana dan Ketua DPRD provinsi Jawa Barat Taufik Hidayat.

Ridwan Kamil mengatakan, ada banyak jumlah organisasi masyarakat di Jawa Barat, sesuai dengan ciri khas masyarakatnya yang suka berkumpul.

“Di Jabar ini masyarakatnya senang berhimpun, berkumpul, berkelompok, jumlah ormas yang terdaftar saja ada 1.355,” tuturnya.

Gubernur yang akrab disapa kang Emil ini menuturkan, orang Jawa Barat suka membuat perkumpulan. Ada komunitas sapeda terbagi lagi dalam komunitas sepeda ontel, sepeda BMX, sepeda gunung, sapeda road bike, ada road bike pemuda, riad bike emak-emak dan hanya di Jabar ada komunitas poligami.

“Tapi point nya itulah kelebihan Jawa Barat, senang berkumpul, ” ujarnya.

Baca Juga  TNI Garda Terdepan Jaga Keamanan Pemilu
Ormasday#1, Pemerintah Butuh Dukungan Ormas
Ormasday#1, Pemerintah Butuh Dukungan Ormas

Ridwan Kamil menambahkan, sesuai dengan program Pentahelix, pemerintah perlu bekerja sama dengan ormas-ormas ini, sehingga bisa tercapai provinsi Jabar yang maju, juara dan kondusif.

“Kami (Pemerintah) menyadari tidak mungkin Jabar ini maju, juara, dan kondusif tanpa dukungan kelompok-kelompok masyarakat yang mayoritas berhimpun di organisasi kemasyarakatan,” ucap dia.

Pada kesempatan itu Gubernur Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada ormas sesuai dengan kategorinya. Tahun ini, ada 10 kategori yang mendapat apresiasi diantaranya ormas dengan kategori tergercep (gerak cepat), terkreatif, terdepan dalam menolong masyarakat, tervaforit
Terkece, teramah, terkenal dan teronline.

“Semua (ormas) yang masuk nominasi adalah juara. Jadi kalau mereka mengajukan hibah, agar didahulukan, ya pak Iip. Itu apresiasinya dan terimakasih sudah turut menjaga Jawa Barat kondusif. Kalaupun ada masalah, biasanya karena miss komunikasi, ” pungkasnya.

Ormasday yang untuk pertama kali diselenggarakan ini, diikuti 200 peserta perwakilan ormas se Jawa Barat.

Baca Juga  Fly Over Pelangi Bandung Ganti Nama Jadi Jaksa Agung R. Seoprapto

Kepala Kesbangpol Prov. Jabar Iip Hidayat mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi ormas sebagai fungsi kontrol sosial, membangun stigma positif ormas dan mendorong ormas mendukung program – program pemerintah Jawa Barat.

“Ormasday ini bertujuan meningkatkan silaturahmi diantara ormas-ormas. Selain itu bersama menjaga kondusivitas, karena semua ormas punya potensi, tinggal bagaimana potensi ini kita arahkan, seraya menambahkan Ormasday ini akan digelar setiap tahun,” tuturnya. (Adi/ Ida)