banner 970x250

Haru Suandharu : Penyelesaian Masalah Sampah Harus Terintegrasi

Kota Bandung, Brilianews.com – Sampah menjadi masalah serius yang perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Meski pemerintah sudah melakukan berbagai upaya, namun tak juga menjawab permasalahan ini.

Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat Haru Suandharu mengatakan, penyebab dari ketidakberhasilan pemerintah dalam melakukan berbagai upaya untuk mengatasi sampah, adalah karena tak menyelesaikan masalah pokok terlebih dahulu.

“Meski berbagai upaya pemerintah dilakukan untuk atasi sampah, tak akan berhasil sampai menyelesaikan masalah pokok terlebih dahulu,” ujarnya Kang Haru sapaan akrabnya pada acara Bincang Inspira, Senin (13/12/2021).

Dia menjelaskan apa saja masalah pokok yang perlu dibenahi pemerintah untuk mengatasi sampah.

Baca Juga  Danlanud Husein Sastranegara Serahkan Bantuan Alat Olahraga kepada Sekolah Angkasa

Pertama, menurut
Haru, yang harus diselesaikan adalah masalah regulasi.
“Masalah regulasi harus diselesaikan mulai UU, perwal, perda atau perbup, yang mengatur secara rinci kewajiban masyarakat, kewajiban pemerintah, dan pihak swasta,” katanya.

Kedua, menurut kang Haru adalah membenahi institusi. “Harus ada operator dan regulatornya dalam mengatasi sampah,” lanjutnya.

Menurut Kang Haru, anggaran juga harus cukup untuk pembuangan, pegumpulan, dan terutama pengelolaannya. “Jangan sampe alakadarnya hanya untuk untuk membuang dan mengumpulkan tapi harus mengelola sampah juga,” katanya.

Selanjutnya, pilihan tekonologi. Ia mengatakan untuk memilih teknologi yang disesuaikan dengan jenis sampah yang dikelola.“Ini harus disesuaikan sesuai dengan daerah masing-masing, karena jenis sampahnya kan bisa berbeda-beda,” ucap Kang Haru.

Baca Juga  Atalia Dorong Dekranasda Se-Jawa Barat Lahirkan Inovasi Produk Ekraf Unggulan

Sementara itu, partisipasi masyarakat juga dinilai perlu dilibatkan dalam mengatasi sampah. Sebab menurutnya akan percuma jika tanpa kontribusi masyarakat. (Ida/Adikarya Parlemen)