banner 970x250

Kehadiran Kampus 2 Polman Majalengka Sokong KEK Metropolitan Rebana

Kota Bandung, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap hadirnya Kampus 2 Politeknik Manufaktur di Kabupaten Majalengka, menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas demi menyokong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Metropolitan Rebana.

Kampus 2 Polman Majalengka akan menghadirkan 76 program studi dan menyerap sebanyak 16.000 mahasiswa. Lulusan Polman diharapkan bisa merespons tujuh ekonomi baru yang hadir pascapandemi COVID-19.

“Itulah mimpi kita, bahwa Polman harus merespons kawasan The Future West Java, yaitu Metropolitan Rebana yang akan hadir 13 kota baru, serta melahirkan 4,5 juta lapangan pekerjaan. Rebana dapat membantu ekonomi nasional sebanyak 2-3 persen,” kata Ridwan Kamil di Kampus 2 Polman Bandung, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga  Teknologi Tepat Guna, Bey Machmudin: Diciptakan untuk Jadi Solusi Keseharian

Ridwan Kamil menuturkan jika ingin menjadi negara maju pada 2045, maka harus memenuhi syarat ekonomi dan industri yang berkembang, SDM mumpuni, serta pemerintah yang konsisten terhadap penerapan reformasi birokrasi.

“Ekonomi kita yang menempati peringkat 16 di G-20, mudah-mudahan bisa masuk empat besar di 2045. Syaratnya SDM disiapkan. Salah satu negara dengan kekuatan usia produktif pada 2045, yaitu Indonesia sebanyak 70 persen,” ungkapnya.

Baca Juga  KAI Daop 2 Bandung Tertibkan 3 Rumah Perusahaan di Jalan Taman Cibunut Kota Bandung

Pada Bupati Majalengka Karna Sobahi menyerahkan sertifikat tanah untuk pembangunan Kampus 2 Polman kepada Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud RI. (Afr/ Adi)