banner 970x250

BPS Jabar Luncurkan Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022

Kota Bandung, Brilianews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Kamis (17/3/2022) meluncurkan publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022.

Kepala BPS Jawa Barat Dyah Anugrah Kuswardani mengatakan, publikasi ini tidak hanya menampilkan data statistik dasar yang dihasilkan oleh BPS, namun juga menyajikan data statistik sektoral yang dihasilkan oleh instansi pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah.

Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022 disusun melalui kolaborasi antar instansi pemerintah dengan semangat mewujudkan Satu Data Indonesia.

“Pengguna data baik pemerintah daerah maupun masyarakat umum, dapat mengakses dan mengunduh publikasi Jawa Barat Dalam Angka melalui laman web BPS di https://jabar.bps.go.id, ” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dyah juga memaparkan tentang aplikasi Mudaberdasi (Monitoring Satu Data Berkualitas dan Terintegrasi), yang dimiliki BPS Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga  Jembatan di Ruas Jalan Arjawinangun - Jagapura Cirebon Butuh Perbaikan

Muberdasi adalah aplikasi berbasis web untuk memudahkan konsumen data dan mengurangi interaksi tatap muka, yang menyediakan fitur layanan konsultasi statistik, layanan pembinaan statistik, serta permintaan data.

“Mudaberdasi ini sebagai bentuk komitmen pelayanan BPS untuk memberikan pelayanan statistik di masa pandemi Covid-19, ” ucap Dyah.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat
Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan pentingnya pemanfaatan data berkualitas dalam proses perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan.

Karena itu, ia menghimbau seluruh dinas/ instansi/lembaga terkait senantiasa memperkuat penyediaan data dan informasi sektoral berkualitas.

“Data tersebut akan disajikan pada Provinsi Jawa Barat Dalam Angka di tahun-tahun mendatang, ” ujar Sekda.

Baca Juga  Mulai 1 Desember 2021, Penerbangan Indonesia Bisa Langsung ke Saudi

Dalam kegiatan ini, BPS Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada tiga Dinas/ Instansi/Organisasi kontributor aktif data berkualitas terbaik dalam penyusunan publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022.

Ketiga instansi yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Barat. (Ida)