banner 970x250

Sempat Tumbang Akibat Pandemi, UMKM Kota Bandung Bangkit Kembali

Kota Bandung, Brilianews.com – Pandemi mengubah total seluruh aktivitas kita. Dunia perekonomian pun terguncang, terutama bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Demi mendongkrak kembali perekonomian masyarakat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung hadir untuk membantu para UMKM.

Sejak 2018-2021 di bawah kepemimpinan Siti Muntamah, Dekranasda berhasil menaikkan pendapatan UMKM melebihi target yang mereka tetapkan.

“Dekranasda memfasilitasi pelaku usaha untuk mampu memasarkan produk. Dari target keuntungan 6M, ternyata melampaui sampai 10M,” ungkap Siti dalam acara Pisah Sambut Ketua Dekranasda di Bandung, Rabu (2/3/2022).

Untuk periode selanjutnya 2021-2023, Ketua Dekranasda diserahkan kepada Yunimar Mulyana, istri dari Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Baca Juga  Jabar Masih Jadi Tujuan Utama Investor Untuk Berinvestasi

Siti juga berharap Dekranasda akan semakin bisa mendorong percepatan ekonomi para UMKM.

“Bertahun-tahun bekerja bersama Bu Yuni, saya tidak ragu jika beliau yang melanjutkan perjuangan menjadi Ketua Dekranasda. Semoga kedepannya, akan semakin banyak program-program yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Bandung yang baru, Yunimar Mulyana mengucapkan terima kasih kepada Siti Muntamah yang telah mengarahkan Dekranasda kota Bandung menjadi lebih baik.

“Kami apresiasi setinggi tingginya kepada Umi (Siti Muntamah) yang telah membimbing Dekranasda Kota Bandung semakin solid. Dekranasda memajukan UMKM kota Bandung,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Iendra Sofyan menuturkan, kegiatan dan program yang dilakukan Dekranasda, mampu membuat sisi perekonomian Jawa Barat membaik dan kembali pulih.

Baca Juga  PKK Harus Lakukan Perubahan Kearah yang Lebih Baik

“Dekranasda membina para pengrajin hingga bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi selama pandemi covid-19 ini. Bahkan, membuat tingkat ekonomi Jawa Barat setara dengan rata-rata nasional,” ungkap Iendra. (Afr)