banner 970x250

Kukuhkan Tujuh Guru Besar, UPI Masih Kekurangan Profesor

Bandung, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), besok dan lusa akan mengukuhkan tujuh guru besar baru.

Ketujuh guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Drs. Dedi Sutedi, M.A., M.Ed, Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd,
Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd, Prof. Dr. Vanessa Gaffar, S.E., Ak., M.B.A, Prof. Dr. Dra. Janah Sojanah, M.Si, Prof. Dr. Dra. Nani Sutarni, M.Pd, dan Prof. Dr. Dra. Nurjanah, M.Pd.

Sekretaris Dewan Guru Besar UPI Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd mengatakan UPI masih kekurangan Guru Besar.

Saat ini UPI baru memiliki 129 Guru Besar ditambah 12 Guru Besar emeritus sehingga total 141 guru besar. Sedangkan jumlah dosen 1.500 orang.

Idealnya, jumlah guru besar 10% dari jumlah dosen.

“Idealnya, kita memiliki 149 dosen profesor. Kenyataannya baru 129. Ditambah emeritus memang mencukupi, tapi masih kurang delapan orang,” ujar Aan Komariah, di Gedung University Center UPI Bumi Siliwangi, Selasa (17/5/2022).

Aan berharap jumlah guru besar UPI tetus bertambah, hingga mencapai target ideal.

“Mudah-mudahan UPI terus meningkatkan effortnya memotivasi para lektor kepala, untuk dapat meraih guru besar,” ucap Aan.

Baca Juga  Presiden Joko Widodo Penerima Pertama Vaksin IndoVac

Pengukuhan tujuh guru besar UPI, akan dilaksanakan dalam dua hari pada 18 dan 19 Mei 2022.

Hari pertama, Rabu (18/5/2022) mengangkat empat pemikiran yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. Dedi Sutedi, M.A., M.Ed Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Linguistik Bahasa Jepang pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI, tentang Peranan Linguistik dalam Pendidikan Bahasa Jepang (BJ).

Pemikiran kedua oleh Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Sosiologi Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI, tentang Wanita dan Olahraga dalam Dimensi Sosial.

Sementara pemikiran ketiga oleh Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Pada Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (FPEB) UPI tentang Pengelolaan dan Implementasi Education 4.0 Di Pendidikan Tinggi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Sedangkan pemikiran keempat disampaikan oleh Prof. Dr. Vanessa Gaffar, S.E., Ak., M.B.A Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI, tentang Agile Social CRM: Penciptaan Kerterlibatan Pelanggan Di Era Ekonomi Digital.

Baca Juga  Presiden Jokowi Instruksikan Kemlu dan Dubes Bantu Kepulangan Jenazah Eril

Pada hari ke dua, Kamis (19/5/2022) mengangkat tiga pemikiran yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Dra. Janah Sojanah, M.Si Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI, tentang Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Era New Normal.

Kemudian Prof. Dr. Dra. Nani Sutarni, M.Pd Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI, tentang Pengembangan Mutu Pendidikan Manajemen Untuk Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan.

Sedangkan Prof. Dr. Dra. Nurjanah, M.Pd Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) UPI, mengangkat pemikiran tentang Implementasi ICT Dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. (Adi)