banner 970x250

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Kawasan Pussenkav TNI AD

Kota Bandung, Brilianews.com – Pemerintah Kota Bandung membangun kolam retensi di kawasan militer tepatnya di Pusat Kesenjataan Kaveleri (Pussenkav), Jalan Cikuray Simpang, Kecamatan Lengkong.

Kolam seluas 1.500 meter persegi dengan kedalaman 3,5 meter itu, mampu menampung air dengan kapasitas 3.000 liter.

“Pengerjaan kolam ini swakelola oleh dinas. Alhamdulilah luasnya 1.500 meter persegi, kapasitasnya 3000 liter, dapat menyelesaikan masalah banjir yang biasa terjadi di Jalan Martanegara dan Turangga,” tutur Wali Kota Bandung Yana Mulyana, ketika meresmikan kolam tersebut, Senin (23/5/2022).

Menurutnya,
kolam retensi menjadi salah satu solusi, untuk mencegah atau mengurangi luapan air ketika volumenya meningkat.

“Beberapa titik sering terjadi banjir, kita coba selesaikan di tengah keterbatasan anggaran yang kami miliki,” ujarnya.

Yana optimis dengan kolaborasi mampu mewujudkan upaya yang menjadi target. Seperti kali ini, hasil kolaborasi berbuah manis menciptakan kolam retensi juga ruang publik untuk masyarakat.

Baca Juga  Bio Farma dan PT. Pos Indonesia Kolaborasi Luncurkan Magic Box Untuk Produk Vaksin

“Ikhtiar kita terus, kita punya keterbatasan tapi tidak pernah berhenti berinovasi juga kerjasama,” ujarnya.

Selain anggaran kata Yana, lahan juga menjadi salah satu kendala juga. “Apalagi lahan di tengah kota kan terbatas,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Komandan Pussenkav, Brigadir Jendral TNI Hendrikus Joko Rianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan. Hal ini menjadi bukti pemerintah dengan TNI mampu menghasilkan kebermanfaatan yang baik.

“Kami mendukung penuh kolam retensi, seperti diketahui letak geografis Kota Bandung pada ketinggian 768 meter di atas permukaan laut, mengakibatkan Bandung punya curah hujan tinggi. Hal ini menyebabkan genangan air dan bahkan banjir,” jelasnya.

Ia berharap kawasan tersebut menjadi menfaat bagi masyarakat juga lingkungan asrama Pussenkav.

“Pembangunan kolam dilingkungan asrama Pussenkav ini, akan bermanfaat bagi prajurit dan masyarakat yang tinggal disini,” ujarnya.

Baca Juga  Komisi V DPRD Jabar Temukan Kecurangan Dalam Proses PPDB 2022

Ia menambahkan, Pusenkav bagian instansi TNI AD, berada di Kota Bandung ikut mendukung program yang dilaksanakan Pemkot Bandung terutama bidang pembangunan.

“TNI AD hadir di tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Didi Ruswandi menjelaskan, kolam retensi ini yang ke-8 di Kota Bandung.

“Totalnya dengan ini sudah 8. Sudah bisa optimal untuk mengatasi banjir kalau ibaratnya hujan itu 1 drum kita itu baru kolam retensi 2 ember. Masih banyak ruang untuk membentuk itu,” katanya. (Adi)