banner 970x250

PT SEI dan Pemprov Bangka Belitung Kerjasama Bangun Ice Maker dan Cold Storage di Desa Nelayan

Bangka Selatan, Brilianews.com – Ground Breaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS), berlangsung di Desa Sadai, Kab. Bangka Selatan belum lama ini.

Pembangunan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan PT Surya Energi Indotama (PT SEI).

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung Abdul Fatah, meletakkan material pasir, bersama Direktur Utama PT SEI, Bambang Iswanto.

“(Pembangunan) ini adalah sebuah harapan untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di Desa Tukak Sadai”, ujar Abdul Fatah.

Pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS), merupakan salah satu jawaban dari permasalahan para nelayan di Bangka Belitung, khususnya Desa Sadai.

Hasil tangkapan hasil laut para nelayan di daerah ini, tidak dapat disimpan lama karena keterbatasan es atau pendingin dalam proses penyimpanan sementara maupun pengiriman.

“Akibatnya, nelayan pun tak dapat menjual hasil tangkapan ke daerah yang lebih jauh atau menyimpan hasil tangkapannya lebih lama, ” kata Abdul Fatah.

Baca Juga  Semarakkan HUT ke-78 RI, KAI Daop 2 dan Komunitas Pecinta KA Bersihkan Monumen Purwa Aswa Purba

Dengan adanya ketersedian es yang lebih banyak dari pabrik Ice Maker, ia berharap nelayan dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesegaran hasil tangkapan.

Saat ini permintaan es bagi nelayan di Desa Sadai yang digadang sebagai desa nomor 2 penyumbang hasil tangkapan ikan tertinggi di Bangka ini, baru tercukupi 28 ton dari kebutuhan sekitar 80 ton/ hari.

Pembangunan ini telah digagas bersama antara pemerintah provinsi dengan PT SEI.

PT SEI yang merupakan anak perusahaan PT Len Industri (persero) dan bagian dari Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID, siap menjadi bagian dari solusi tersebut.

Selain dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan es dan pendingin hasil tangkapan nelayan di Bangka Belitung, Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) ini juga mampu menjawab kebutuhan energi bersih dan pengurangan emisi karbon dari PLTS yang terpasang.

“Ini adalah suatu kondisi pembangunan yang betul-betul bagus dan sangat baik. Kita menggunakan Energi Baru Terbarukan dengan tenaga surya. Mudah-mudahan Ground Break pada hari ini adalah menjadi nyata besok dan lusa, serta bermanfaat bagi kita,” ujar Abdul Fatah.

Baca Juga  Gaya Hidup Cenderung Konsumtif, Aulia Fadly : Anak Muda Penting Pahami Literasi dan Inklusi Keuangan

Direktur Utama PT SEI, Bambang Iswanto menyebut desa Sadai di Kabupaten Bangka Selatan, menjadi pilot project pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage.

Bila projek ini berhasil, tidak menutup kemungkinan PT SEI akan membangun pabrik serupa di desa-desa lainnya.

“Ini adalah satu percontohan bagaimana membangun ice maker dan cold storage menjadi satu kesatuan integrasi. Tentu saja tidak menutup kemungkinan ini akan dilakukan di daerah lainnya,” ujar Bambang. (Adi/ Afr)