banner 970x250

Panglima Angkatan Tentera Malaysia Kunjungi PTDI, Jajaki Peluang Kerjasama dan Kolaborasi

Kota Bandung, Brilianews.com – Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jeneral Tan Sri Dato Sri Haji Affendi Bin Buang TUDM, melakukan kunjungan kerja ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk menjajaki
peluang kerjasama dan kolaborasi dengan industri lokal di Malaysia.

Rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan beserta jajaran Direksi dan Komisaris.

Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jeneral Tan Sri Dato Sri Haji Affendi Bin Buang TUDM mengatakan, kedatangannya guna meninjau fasilitas yang ada di PTDI dan seberapa banyak kerjasama dan kolaborasi yang bisa didapatkan dan bergabung dengan industri lokal di Malaysia.

“Yang saya lihat disini bahwa peluangnya sangat besar, hal ini disebabkan Indonesia memiliki keahlian teknis yang tinggi, ” kata Jeneral Tan Sri Dato kepada wartawan di PTDI Bandung, Rabu (27/6/2022).

Menurut Tan Sri Dato, dalam bidang kedirgantaraan, PTDI telah mampu membangun pesawat sendiri sekaligus melakukan maintenance. Banyak pekerjaan yang dilakukan disini, sesuatu yang membanggakan. Pada saat yang sama, di Malaysia juga ada, industri lokal yang memiliki keahlian teknis dari bidang yang lain.

Baca Juga  Sambut Baik Liga 1 Indonesia, Ridwan Kamil Minta Prokes Dijalankan

Oleh karena itu, ia berharap dapat menggabungkan dalam hal industri lokal ini, untuk dapat saling melengkapi satu sama lain, sehingga pasarnya semakin besar.

Jika pasar semakin besar, kata Jeneral Tan Sri Dato, akan membuat produksi lebih efisien dan efektif dan dapat menangkap pasar antara Malaysia dan Indonesia.

“Kita juga dapat melihat potensi untuk menarik pasar di kawasan Asia Tenggara, dan disini tentu kita akan melihat dari potensi diluar kawasan Asia Tenggara, ” ujarnya.

Panglima Angkatan Tentera Malaysia dalam kunjungannya ke PTDI meninjau langsung progres 2 unit yang tersisa dari 3 unit pesawat CN235 milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), yang sedang dikonversi menjadi Pesawat CN235-220 Maritime Surveillance Aircraft (MSA) melalui program Maritime Security Initiative (MSI).

Selain itu, Panglima Angkatan Tentera Malaysia juga melihat pesawat N219 yang merupakan hasil karya anak bangsa, dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 44.69% dan telah berhasil memperoleh Type Certificate (TC) dari DKPPU pada tanggal 22 Desember 2020.

Baca Juga  Pemkot Bandung Kembali Gelar Mudik Bareng, Pendaftaran Dimulai 1 April 2023

Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan menyampaikan terima kasih atas inisiasi dan dukungan dari Panglima Angkatan Tentera Malaysia pada Program Maritime Security Initiative (MSI)

Pada tanggal 17 Juni 2022, PTDI telah menyelesaikan dan melakukan terbang kirim (ferry flight) 1 unit Pesawat CN235-220 Maritime Surveillance Aircraft (MSA).

Sedangkan, sisa 2 unit lainnya direncanakan dikirimkan pada Juli dan September 2022.

“Kami ucapkan terima kasih atas inisiasi dan dukungan dari Panglima Angkatan Tentera Malaysia pada Program Maritime Security Initiative (MSI) yakni modifikasi 3 unit pesawat CN235 milik TUDM menjadi Maritime Surveillance Aircraft (MSA),” ujarnya. (Afr)