banner 970x250

Ridwan Kamil Lepas 413 Calon Jemaah Haji Kloter 34 asal Jawa Barat

Kota Bekasi, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas Calon Jemaah Haji Kloter 34 asal Jabar, dari Kabupaten Ciamis, Bogor, dan Pangandaran, di UPT Asrama Haji Bekasi, Kota Bekasi, Senin (27/6/2022).

Gubernur menyampaikan, Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki jemaah haji terbesar, sebanyak 17.566 jemaah pada tahun ini.

Adapun Calon Jemaah Haji Kloter 34 yang dilepas oleh Gubernur hari ini sebanyak 413 jemaah. 

“Hari ini di Embarkasi Haji Kota Bekasi, saya melepas 413 jemaah haji dan besok pagi akan berangkat. Kita layani semaksimal mungkin,” kata Ridwan Kamil.

“Alhamdulillah, lokasi jemaah haji Jawa Barat sudah kita perjuangkan jauh-jauh hari, sehingga jarak jemaah haji hanya 1.500 meter dari Masjidil Haram, paling dekat 500 meter. Jadi sangat nyaman,” ucapnya.

Baca Juga  Bey Machmidin Optimis Pemindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke BIJB Kertajati Bawa Dampak Positif

Tahun ini jemaah haji Jawa Barat akan dipimpin langsung oleh Gubernur, guna memastikan 17 ribuan jemaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk, lancar, dan nyaman.

“Saya sendiri akan memimpin jemaah haji Jawa Barat dan akan berangkat Minggu depan, ” paparnya.

Kang Emil pun menyampaikan, pembatasan umur para jemaah haji di bawah usia 65 tahun, akan dilepas tahun depan, sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemda Provinsi Jawa Barat.

“Ini usia rata-rata sesuai aturan di bawah 65 tahun, maka tantangan tahun depan lebih besar karena pembatasan umur itu dilepas, sehingga kemungkinan tahun depan banyak sekali yang sepuh-sepuh masuk ke daftar haji,” jelasnya.

Ridwan Kamil mendoakan agar kuota haji untuk Jawa Barat bisa terus bertambah, sehingga masa tunggu bagi yang akan menunaikan ibadah haji bisa dipercepat setiap tahunnya.

Baca Juga  Teknologi Kereta Driverless Pertama Indonesia Raih Penghargaan Menteri Perindustrian

“Jawa Barat waktu tunggunya itu 32 tahun. Bayangkan ada yang niat berhaji dikabulkan di tahun 2054. Makanya kita doakan terus agar kuota haji Indonesia setiap tahun terus bertambah untuk mengurangi antrean kuota yang terbatas,” ungkapnya. (Afr/ Adi)