banner 970x250

Jakarta dan Bandung Tuan Rumah KTT Y20 Indonesia 2022

Kota Bandung, Brilianews.com – Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) Indonesia 2022, akan digelar di Jakarta dan Bandung dari tanggal 17 sampai 24 Juli 2022.

Youth 20 (Y20) merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20, agar dapat saling berdialog. Y20 mendorong para pemuda, sebagai pemimpin masa depan, untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Nurul Hidayatul Ummah mengatakan, dipilihnya Jakarta dan Bandung jadi tuan rumah perhelatan summit Y20, karena Jakarta merupakan ibukota negara. “Kami ingin mengenalkan bahwa Indonesia memiliki ibukota negara yang baik. Sedangkan Bandung adalah kota yang sejuk, penuh dengan kreatifitas. Jadi kami ingin mengenalkan bahwa Indonesia memiliki kota yang beragam dan cantik, ” ujarnya pada konferensi pers secara virtual, Sabtu (2/7/2022).

Nurul menjelaskan, KTT Y20 tahun 2022 mengusung empat prioritas isu yakni youth employment atau ketenagakerjaan pemuda, digital transformation atau transformasi digital, sustainable planet atau planet yang berkelanjutan serta diversity dan inclusion atau keberagaman dan inklusi.

Sebelumnya kata Nurul pihaknya telah melaksanakan pra summit empat prioritas isu ini di Palembang, Lombok NTB, Balikpapan dan di Manokwari, Papua Barat. Selain itu juga menyerap aspirasi pemuda dari berbagai kampus, pondok pesantren dan komunitas lokal untuk menyerap ide-idenya terkait empat isu tersebut.

Dengan menyerap aspirasi melalui pra summit di sejumlah daerah, kampus dan pondok pesantren, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Y20 bukan hanya milik kalangan pemuda tertentu, tapi ini acaranya anak-anak muda baik di kota, di daerah, maupun dari segi lapisan masyarakat manapun.

Baca Juga  Defend ID Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk Masyarakat Banten

“Jadi sebagai anak muda mampu memberikan kontribusi berupa ide dan gagasan, untuk kami bawa ke summit dan selanjutnya di bawa ke pertemuan nanti di G20 yang akan dihadiri oleh para leader negara G20 di Bali,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Co-chair Y-20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar menambahkan, puncak acara KTT Y20 akan dihadiri 100 delegasi dari 19 negara G20 dan Uni Eropa serta perwakilan beberapa negara sahabat seperti negara-negara ASEAN dan Timor Leste. Selain itu perwakilan dari organisasi-organisasi internasional seperti Agent Development Bank, Islamic Development Bank, World Bank, WTO, dan IMF.

“Ada sesi inspiratif, sharing dengan para pemuda delegasi seluruh dunia dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Badwedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan penandatangan deklarasi pemuda dunia di gedung Asia Afrika di kota Bandung, ” tuturnya.

Kegiatan KTT Y20 tahun 2022 ini, mendapat dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Y20 menghasilkan kesepakatan yang diteruskan kepada Presiden sebagai pemimpin G20.

“Saya rasa perlu ditegaskan bahwa ujung dari pertemuan ini adalah pandangan dari anak-anak muda terhadap masalahnya yang sebaiknya harus diakomodasi oleh para pemimpin G20, ” tegas Anies.

Baca Juga  Grey Art Gallery: Ruang Bagi Seniman Bandung Untuk Berkarya

Ia menambahkan pertemuannya penting. Jakartanya penting. Melihat Jawa Baratnya penting. Tapi ada ujungnya, ada sebuah produk yaitu kesepakatan, dokumen yang akan menentukan arah para pemuda dimasa depan.

“Saya berharap empat isu yang diusung pada KTT Y20 dibahas dengan baik. Kami siap memfasilitasi, ” ucapnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengaku sangat bangga Y20 berlangsung dengan sangat luar biasa, untuk menjadi platform suara anak-anak muda di masa depan.

Pada dasarnya kita yang hidup saat ini meminjam barang generasi muda, meminjam masa depan mereka di hari ini.

“Jadi kita harus mewariskan masa depan yang damai dan empat isu yang sudah disepakati harus jadi perhatian.
Pesannya harus sampai kepada pengambil keputusan tertinggi, di G20 nanti di Bali, ” ucap Ridwan Kamil.

Ia menambahkan, pemprov Jawa Barat mendukung kegiatan KTT Y20, baik dari sisi anggaran, koordinasi, tempat dan publikasi.

“Suksesnya kegiatan KTT Y20 ini, akan membawa nama baik para pemuda Indonesia, ” pungkasnya.

(Afr/ Adi)