banner 970x250

Bio Farma Dampingi UMK Jawa Barat Peroleh Sertifikasi Halal

Kota,Bandung, Brilianews.com – Bio Farma melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK), melalui program bantuan Sertfikasi Halal bagi produk UMK yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan LPPOM MUI Jawa Barat, program ini direalisasikan dalam bentuk pelatihan bagi para pelaku UMK untuk mendapat sertfikasi halal.

Pelatihan berlangsung satu hari di LPPOM MUI Jawa Barat, diikuti 20 pelaku UMK pekan lalu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Produk Halal, H. Mustopa Djamaludin dalam sambutannya
mengatakan, pelatihan diberikan untuk mendapatkan sertifikat halal produk minuman, obat – obatan dan kosmetik.

Baca Juga  KAI Wisata Buka Lowongan Kerja Customer Service on Train Wilayah Jabodetabek

“Kedepannya, kita harapkan kerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), guna membangun dan menciptakan nilai-nilai luhur, bagi kemuliaan dan kemaslahatan masyarakat dalam mendapatkan makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik yang halalan tayyiban di Jawa Barat, ” ujar Mustopa

Menurut Kepala Departemen TSJL Bio Farma Sarmedi, selain untuk meningkatkan ekonomi, pendampingan untuk mendapatkan sertifikat halal juga sebagai tanggung jawab moral UKM terhadap produk yang dipasarkannya.

“Mereka mendapatkan bantuan sertifikasi halal secara gratis dari TJSL Bio Farma, dan tentu ini juga sejalan dengan program Masyarakat Ekonomi Syari’ah,” ucapnya.

Sarmedi menambahkan, kedepannya akan ada kawasan wisata halal kuliner binaan dari TJSL Bio Farma.

Baca Juga  Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2024, Bio Farma Lepas liarkan Owa Jawa dan Surili di Cagar Alam Gunung Tilu

Salah seorang peserta pelatihan berharap, dengan adanya bantuan sertifikasi halal usahanya akan semakin berkembang.

“Dengan adanya bantuan sertifikat halal gratis dari Bio Farma, kami para UMK bisa berkembangan lebih maju,” tutur pelaku UMK tersebut.

(Adi)