banner 970x250

Bio Farma Launching Buku “Kontribusi Untuk Negeri di Masa Pandemi”

Kota Bandung, BriliaNews.com – PT Bio Farma meluncurkan buku berjudul “Kontribusi Untuk Negeri di Masa Pandemi”, pada puncak acara ulang tahun ke 132 Bio Farma di Bandung, Sabtu (6/8/2022).

Buku setebal 210 halaman itu menceritakan tentang proses dan tantangan dalam mendatangkan vaksin Covid-19 ke tanah air, hingga proses pendistribusian ke seluruh tanah air yang tidak mudah.

Buku ini juga menjawab mengapa PT Bio Farma bisa bekerjasama dengan produsen vaksin Sinovac dari China.

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, buku ini menceritakan banyak pengalaman, bagaimana mendapatkan vaksin, melakukan uji klinis, memproduksi dan mendistribusikannya.

“Ide penulisan buku ini bukan untuk mencari panggung buat Bio Farma atau direksi tapi lebih merupakan catatan perjalanan yang bisa jadi pembelajaran bagi kita kedepan,” katanya kepada wartawan usai peluncuran buku.

Honesti menjelaskan, selain urusan perusahaan, buku yang disusun selama 4 bulan itu juga menceritakan pengalaman pribadi masing-masing tokoh yang ada dalam buku dengan dibantu oleh Yuswohady sebagai penyunting.

Baca Juga  Indonesia Tidak Akan Impor Lagi Vaksin COVID-19

“Buku ini dibantu mas Yuswo, dan semua BOD (Board of Director/ Direksi) memberikan kontribusinya. Buku ini juga menggambarkan kolaborasi mulai dari BOD sampai tubuh karyawan lainnya,” ujar Honesti.

Honesti mengatakan, buku ini tidak akan dijual kepada umum, tapi akan diberikan kepada siapapun yang ingin membacanya.

“Kalangan mahasiswa, kalangan akademisi pun juga bisa membaca buku ini, karena ini tidak ada di kuliah ya, ini semua masalah pelajaran kehidupan. Bagaimana kita bisa mengatasi permasalahan kemanusiaan dimasa pandemi itu bersama-sama. Banyak yang bisa kita petik dari pengalaman kita selama pandemi,” ujarnya.

Honesti berharap, buku ini bisa menjadi pembelajaran akan pentingnya kolaborasi.

“Harapan kita ini bisa menjadi suatu pembelajaran bahwa kalau kita semuanya mau bersatu, kita semuanya mau berkolaborasi, permasalahan yang paling berat pun kita bisa mencari solusi bersama-sama,” ujar Honesti.

Komisaris Bio Farma Tanri Abeng dalam sambutannya secara virtual memberikan apresiasi kepada penggagas dan penulis buku “Kontribusi Untuk Negeri di Masa Pandemi”.

Baca Juga  Reses II DPRD Jabar Tahun Sidang 2022-2023, Daddy Rohanady : Rutilahu Tetap Jadi Aspirasi Primadona

“Buku ini wajib dibaca, dipelajari, dan dihayati oleh seluruh insan Bio Farma Group,” tegasnya.

Buku berjudul “Kontribusi Untuk Negeri di Masa Pandemi” ditulis oleh sembilan direksi Bio Farma, yakni
Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Direktur Operasi, M. Rahman Roestan, Direktur Hubungan Kelembagaan, Sri Harsi Teteki, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM, I.G.N. Suharta Wijaya, Direktur Transformasi dan Digital, Soleh Ayubi, Ph.D., Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis, Yuliana Indriati, SEVP Produksi, Juliman, SEVP HC dan Compliance, Disril Revolin, dan SEVP Penelitian dan Pengembangan, Andriansjah Azhari. (Adi)