banner 970x250

Pameran Lukisan Pulau Emas di Galeri Seni Ropih Jalan Braga kota Bandung

Kota Bandung, Brilianews.com – Pameran Lukisan “Pulau Emas” Mengenang 22 tahun Ropih Berkarya, digelar mulai tanggal 7 sampai 28 Agustus 2022 di Galeri Seni Ropih Jalan Braga Kota Bandung.

Pameran yang digelar untuk mengenang 22 tahun seniman Ropih berkarya dan 100 hari meninggalnya seniman kenamaan Kota Bandung tersebut, menampilkan kurang lebih 30 lukisan karya Ropih Amantubillah sejak tahun 2002 sampai 2017.

Kurator Pameran Pulau Emas, Rahmat Jabaril mengatakan Tema Pulau Emas, menjadi acuan ideologis Ropi Amantubillah dalam berkesenian.

“Pulau emas bukan diartikan secara harfiah, tapi bagaimana kita menjunjung pemahaman tentang jatidiri manusia,” ujarnya usai pembukaan Pameran, Minggu (7/8/2022).

Ia mengatakan, pameran Pulau Emas bukan hanya sekedar memajang karya lukisan melainkan memberikan pesan tentang jalan hidup manusia, untuk mencapai kedamaian dan ketenangan hidup.

Baca Juga  Bandara Kertajati Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024

“Ada sesuatu yang disampaikan oleh Abah (Ropih Amantubillah) berkaitan dengan jalan hidup umat manusia. Ini penting buat generasi muda, bagaimana mencapai kedamaian dan ketenangan dalam hidup,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan, dari 30 lukisan yang dipamerkan terdapat berbagai aliran lukisan.

“Kita memilih beberapa gaya ada yang realis, abstrak dan ada juga yang simbolis, menunjukan bahwa abah adalah orang kreatif yang tidak terjebak pada gaya tertentu,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan mengapresiasi solo exhibition Pulau Emas karya Abah Ropih.

“Kami sangat mengapresiasi pameran ini dalam rangka mengenang 22 tahun karya beliau. Hal yang harus diteladani meninggalkan spiritkultural untuk mencapai cita-cita bangsa membanguna manusia yang kreatif dan berbudidaya luhur,” katanya saat menghadiri pameran.

Baca Juga  Mengenang Radio Hoso Kyoku, Penyebar Berita Kemerdekaan RI dari Kota Bandung

Dia berharap dengan adanya pameran ini dapat meningkatkan geliat wisata di Kota Bandung terutama di Kawasan Braga

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan pameran seni lukis ini. Pameran ini bisa menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung khusunya di kawasan Braga,” ujarnya. (Adi)