banner 970x250

Tanam Kelapa Genjah di Sukoharjo, Presiden Tegaskan Pentingnya Jaga Pasokan Pangan Nasional

Kab. Sukoharjo, Brilianews.com – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, meninjau dan turut menanam pohon kelapa genjah bersama para petani di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (11/8/2022).

Usai kegiatan penanaman, Kepala Negara menegaskan kembali pentingnya menjaga pasokan pangan di Tanah Air. Hal ini dikarenakan krisis pangan yang sedang melanda sejumlah negara di dunia.

“Kita pun harus hati-hati dan waspada terhadap krisis pangan, jangan sampai terjadi di negara kita Indonesia. Oleh sebab itu, wajib menjaga pasokan pangan,” ujar Presiden.

Baca Juga  Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Selain pasokan pangan Presiden menegaskan pentingnya menjaga distribusi pangan, agar tidak terjadi ketimpangan antardaerah di Indonesia yang dapat mengakibatkan harga pangan ikut meningkat.

Presiden juga mendorong para petani untuk mulai menanam komoditas pangan, yang bisa menjadi substitusi bahan pangan impor.

“Misalnya, urusan gandum, ini gandum di kita ini bisa dicampur dengan cassava, dicampur misalnya sorgum, dicampur dengan sagu. Saya kira ini akan sangat mengurangi impor kita,” ucap Presiden.

Terakhir, Presiden pun menegaskan pentingnya menjaga nilai inflasi bahan pangan, agar tetap stabil sehingga tidak menurunkan daya beli masyarakat.

Baca Juga  Mimpin Apel Pagi di SMAN 1 Tasikmalaya, Ini Pesan Wagub Jabar

“Menjaga inflasi bahan makanan, bahan pangan, harus dijaga inflasinya, sehingga kenaikan harganya tidak memberatkan daya beli masyarakat,” tandasnya. (Afr)