banner 970x250

UKM Mahacita UPI Luncurkan Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Kota Bandung, Brilianews.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahacita Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), meluncurkan jurnal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat dalam bidang konservasi alam dan lingkungan di Gedung University Center jalan Setiabudhi kota Bandung, Kamis (18/8/2022). Peluncuran dilaksanakan bersamaan dengan peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI Prof. Dr. Didi Sukyadi mengatakan publikasi jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan UKM Mahacita UPI merupakan langkah yang luar biasa, tidak hanya melakukan penjelajahan dan berkemah saja tetapi berhasil menuliskan hasil kegiatanya dalam bentuk publikasi jurnal.

Melalui media publikasi jurnal ini rekam jejak digital UKM Mahacita UPI, sudah bisa dibaca dan dikaji oleh orang lain diseluruh dunia.

“Saya berharap kegiatan UKM Mahacita dalam bidang publikasi jurnal dari hasil kegiatan ekplorasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dapat berlanjut serta direkognisi dan terindeks dalam Sinta Kemdikbudristek,” katanya saat peluncuran jurnal tersebut.

Baca Juga  Pelaksanaan UTBK Gelombang I Tahun 2024 di UPI Berjalan Lancar

Menurut Prof. Dr. Didi Sukyadi, media publikasi jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, akan mendukung pencapaian pemeringkatan UPI pada bidang kemahasiswaan khususnya untuk indikator penilaian aspek kegiatan penelitian atau riset mahasiswa yang dilakukan di lembaga riset atau pusat studi.

Jurnal ini berdampak pada pencapaian indikator penilaian aspek penelitian atau riset mahasiswa yang dilaporkan dalam bentuk output prosiding, artikel jurnal, LoA dari lembaga riset atau pusat studi di luar program studi.

“Media publikasi jurnal ini juga mendukung pencapaian akreditasi perguruan tinggi khususnya pada publikasi ilmiah,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Direktur Direktorat Kemahasiswaan UPI
Prof. Dr. Suwatno.

Dikatakannya, jurnal ini mendukung pencapaian Rencana Strategis UPI 2021-2025, terkait dengan kebijakan pengembangan dan penyebarluasan hasil riset unggulan bidang keilmuan, kebijakan pendidikan, dan penyelesaian isu strategis pada tataran nasional, regional, dan internasional serta kebijakan Penyelenggaraan dan pengembangan pembinaan kemahasiswaan untuk meningkatkan mutu lulusan.

Baca Juga  Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Lantik Tiga Pimpinan Daerah

“Dengan jurnal ini akan meningkatkan jejaring dan pemberdayaan peran alumni dan memperkuat kemajemukan dan keberagamaan,” imbuhnya.

Ketua Adat UKM MAHACITA UPI Khairunnisa Khalda Syafiqah sekaligus pimpinan redaksi jurnal, menyampaikan di usianya yang ke 45 tahun UKM Mahacita UPI telah melakukan berbagai kegiatan kepetualangan dalam bentuk ekplorasi, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

“Hasil petualangan tersebut kami tuangkan menjadi dokumen berharga bagi kami UKM Mahacita,” ucapnya.

(Adi)