banner 970x250

Lebih Dari Lima Ribu Ekor Sapi di Sumedang Telah Divaksin Tahap Dua

Kab. Sumedang, Brilianews.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, mempercepat pemberiam vaksin pada hewan ternak dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Bahkan saat ini vaksinasi PMK di Kabupaten Sumedang sudah memasuki tahap 2.

Hal itu, diungkapkan Ketua Satgas PMK Kabupaten Sumedang, drh Lia Indrawati, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Lia mengatakan hingga saat ini vaksinasi PMK tahap 2 di Kabupaten Sumedang, telah mencapai 5.422 ekor sapi.

Baca Juga  DPRD Jabar Beri Perhatian pada Program Rutilahu

“Untuk tahap 2 ini target sasaran sebanyak 7500 ekor sapi, atau mengalami kenaikan 500 ekor dari tahap 1 sebanyak 7.000 ekor sapi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Lia tim vaksinator dari Diskanak Sumedang, saat ini terus melakukan vaksinasi PMK secara door to door dengan mendatangi kandang sapi milik peternak.

“Letak kandang sapi yang berjauhan memang terkadang menjadi kendala bagi petugas. Namun kami berupaya untuk bertindak cepat ,” katanya.

Lia menambahkan, sejak adanya serangan PMK di Kabupaten Sumedang, jumlah sapi yang terpapar hingga saat ini mencapai 2.407 ekor, 1.420 ekor diantaranya sudah sembuh, 863 ekor, masih sakit serta mati bangkar 36 ekor dan mati dipotong 88 ekor.
(Afr)