banner 970x250

Anggaran Infrastruktur Harus Jadi Skala Prioritas Dalam APBD Jabar T.A 2023

Kota Bandung, Brilianews.com – Infrastruktur di Jawa Barat (Jabar) saat ini membutuhkan penanganan yang serius.

Dalam dua tahun terahir, anggaran infrastruktur terpangkas cukup besar dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Karena itu infrastruktur harus jadi skala prioritas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2023, yang saat ini tengah dibahas di DPRD Jabar.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Jajang Rohana mengungkapkan, saat ini kondisi infrastruktur baik jalan, irigasi dan jembatan maupun sarana dan prasarana perhubungan, banyak membutuhkan perbaikan.

Baca Juga  Launching Petani Milenial, Jabar Punya Potensi di Sektor Perkebunan

“Untuk jalan saja, umur teknis jalan kini mengalami penurunan seiring dengan perkembangan waktu. Prosentase jalan layak dengan penurunan umur teknis jalan rata-rata di Jalan Provinsi ada di kisaran 70 persen,” ujarnya di Bandung baru-baru ini.

Dengan kondisi jalan seperti itu, kata Jajang diperlukan upaya perbaikan.

Apalagi dalam RAPBD Provinsi Jabar Tahun 2023, pemulihan ekonomi menjadi program prioritas.

Untuk mendukung hal itu, infrastruktur irigasi perlu ada pemantapan. Jika irigasi dalam kondisi bagus, dukungan dari sektor pertanian untuk mendukung pemulihan ekonomi dapat terwujud.

Selanjutnya, laik jalan itu juga berkorelasi dengan target pemulihan ekonomi. Agar itu terwujud dukungan prasarana, seperti Penerangan Jalan Umum (PJU), harus ada penambahan.

Baca Juga  DPRD Sebut Jabar Kehilangan 100 Ribu Petani Produktif

“Kondisi tersebut sangatlah realistis menempatkan pembangunan infrastruktur menjadi skala prioritas, apalagi dalam suasana Covid 19, angggaran itu sempat terpangkas,” tuturnya. (Afr)