banner 970x250

Daerah Nihil Kasus PMK di Jawa Barat Terus Bertambah

Bandung Brilianews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot penananganan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah.

Bahkan hingga saat ini jumlah daerah yang berhasil menekan PMK hingga mencapai zero kasus pun terus bertambah, dari 8 daerah menjadi 13 daerah di Jabar.

“Alhamdulillah daerah yang zero kasus PMK terus bertambah dari yang tadinya 8 daerah sekarang menjadi 13 daerah. Mudah-mudahan daerah yang zero kasus terus bertambah dan kasus PMK pun bisa di antisipasi,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana, pekan ini.

Baca Juga  Darurat Sampah Pemkot Bandung Siapkan 10 Mesin Gibrik di TPS Gede Bage

Arifin menyebutkan ke-13 daerah yang telah berhasil menekan kasus PMK hingga zero kasus tersebut antara lain Banjar, Bogor, Ciamis Karawang, Kota Bandung, Bekasi, Cimahi, Kota Tasik, Pangandaran dan Purwakarta.

“Sebelumnya daerah KBB pun sempat zero kasus tapi terserang lagi dengan kasus dombanya yang terpapar,” katanya

Lebih lanjut dikatakan Arifin, antisipasi terhadap penyebaran virus PMK dilakukan melalui program vaksinasi hewan, disinfektan, pemeriksaan, hingga lalu lintas hewan ternak pun dijaga secara ketat.

Baca Juga  Underpass Sriwijaya Cimahi, Atasi Kemacetan di Perlintasan Sebidang

“Arus Lalu lintas hewan ternak kita jaga secara ketat, kita periksa hewan ternak yang masuk dari luar daerah,” pungkasnya. (Afr)