banner 970x250

Empat Rumah Sakit Pemerintah Akan Dilengkapi dengan Pusat Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

Kota Bandung, Brilianews.com – Empat Rumah Sakit milik pemerintah, akan dilengkapi dengan pusat pelayanan kesehatan ibu dan anak, untuk mendukung penurunan angka kematian ibu dan anak di Indonesia.

Empat rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, RSUP dr. Ngoerah Sanglah, Bali, RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar dan Pusat Kanker Dharmais DKI Jakarta.

Peletakan batu pertama pembangunan pusat pelayanan kesehatan ibu dan anak di empat rumah sakit ini, dilakukan secara serentak pada Kamis (17/11/2022).

Gedung yang didanai oleh Islamic Development Bank (IsDB), akan dibangun dengan 8 lantai termasuk basement, dengan luas bangunan 32.000 m2, ditargetkan selesai tahun 2024.

Baca Juga  Warga Tak Punya NIK Bisa Divaksinasi Covid-19

Gedung ini dilengkapi dengan beberapa pusat pelayanan unggulan, diantaranya bayi tabung (In Vitro Fertilization /Assisted Reproduction Technology), Layanan Sel Punca (Stem Cell ) Berbasis Penelitian, Regional Neonatal Intensive Care Unit (NICU Level IV ), dan Fetal Therapy.

Selain itu, intensive care unit, high care unit, ruang rawat obgin, anak, bedah wanita dan anak dan ruang isolasi.

Sekretaris Daerah Prov. Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja yang hadir pada peletakan batu pertama di RSHS, menyampaikan dukungannya atas upaya perbaikan layanan kesehatan untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan anak di Jawa Barat.

Baca Juga  DPRD Jabar Dorong Pemulihan Ekonomi Jabar Melalui Penguatan UMKM

“Atas nama Provinsi Jawa Barat kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan, telah memilih RSHS yang berada di Jawa Barat untuk mendapatkan pembiayaan dari IsDB,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya fasilitas layanan ini angka kematian dan kesakitan ibu di Jawa Barat menurun. (Afr)