banner 970x250

Heri Ukasah Apresiasi Penanganan PMK di Kabupaten Sumedang

Bandung, Brilianews.com – Anggota DPRD provinsi Jawa Barat, Heri Ukasah Sulaeman mengapresiasi penanganan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Sumedang

Jumlah kasus PMK di daerah ini terus menurun sehingga perdagangan hewan ternak terutama jenis sapi sudah kembali normal.

“Perdagangan sapi di pasar hewan Tanjungsari, terpantau sudah kembali normal, ” kata Anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang tersebut belum lama ini.

Meski penjualan hewan ternak sudah kembali normal, namun ia mengingatkan peternak untuk tetap menjaga kesehatan hewannya agar tidak terpapar virus PMK.

Baca Juga  Cita Rasa Wisata Kuliner Tanpa Asap Rokok di Kota Bandung

“Keluar masuk hewan di pasar itu juga harus diawasi secara ketat, ” ujarnya.

Untuk itu ia berharap petugas kesehatan hewan, terus dimaksimalkan untuk secara kontinu melakukan pengawasan.

Pengawasan yang optimal, diyakininya mampu mensinergikan pengembangan sektor peternakan, untuk mendukung penguatan ekonomi di daerah.

“Bagi pihak legislatif, penguatan pencegahan PMK merupakan bagian dari program rutin yaitu pengendalian kesehatan hewan, ” pungkasnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan vaksinasi PMK pada minggu ini, menyasar 2.000 ekor sapi di lima daerah sentra sapi di Jabar, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Sumedang. (Afr)