banner 970x250

Jepang Donasikan 200 Vial Fomepizole Obat Gangguan Ginjal Akut Untuk Indonesia

Jakarta, Brilianews.com – Obat gangguan ginjal akut injeksi, Fomepizole 1,5 ml, dalam bentuk vial telah tiba di Indonesia pada Sabtu (29/10) dini hari. Sebanyak 200 vial didatangkan dari Jepang yang merupakan donasi dari PT Takeda Indonesia.

Fomepizole akan dikirim ke instalasi Farmasi Pusat.

”Hibah ini dilaksanakan dengan itikad baik atas nama kemanusiaan, untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, akan mendistribusikan obat tersebut sesuai yang dibutuhkan kepada seluruh rumah rujukan tingkat propinsi di Indonesia.

Baca Juga  8 Atlet Kota Bandung Raih Medali Emas di SEA Games Kamboja 2023

”Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien di Indonesia,” ujar Menkes.

Sebelumnya dilaporkan 10 dari 11 pasien gangguan ginjal akut yang mengkonsumsi obat sirup dan diduga tercemar senyawa kimia tertentu, berangsur membaik kondisinya setelah diberi obat ini selama dalam perawatan di rumah sakit rujukan RSCM. Tiga orang anak sudah tidak membutuhkan ventilator dan 1 orang sudah dipulangkan.

Bisa disimpulkan bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif untuk pengobatan pasien gangguan ginjal akut.

Indonesia telah mendatangkan fomepizol dari Singapura, Australia, dan Jepang. Saat ini sedang dijajaki peluang mendatangkan Fomepizole dari Amerika Serikat dan Canada.

Baca Juga  Tahun ini 80 Posyandu Remaja Akan Hadir di Kota Bandung

”Ini upaya yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal. Kita akan distribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah, yang merawat pasien gangguan ginjal akut,” ucap Menkes. (*)