banner 970x250

Presiden Joko Widodo Lantik Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

Foto (Ist)

Jakarta, BriliaNews.com – Presiden Joko Widodo
melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara Jakarta, Senin (19/12/2022).

Laksamana Yudo Margono menggantikan Jenderal Andika Perkasa, yang akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022 ini.

Dalam arahannya, Kepala Negara menegaskan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus dijaga.

“Baru saja saya lantik Panglima TNI dan saya minta yang pertama menjaga kedaulatan NKRI, dan yang kedua menjaga kesatuan dan persatuan kita,” ujar Presiden kepada awak media usai pelantikan.

Selain itu, Presiden juga menitipkan pesan kepada Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI, agar kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini sudah tinggi dapat terus dipertahankan.

Baca Juga  Presiden Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Kota dan Kabupaten Bandung Senilai Rp1,26 triliun

“Kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang ini sudah paling tinggi, kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang harus terus ditingkatkan,” ungkap Presiden.

Terkait pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, Presiden menegaskan pentingnya TNI tetap menjaga netralitas, sehingga tidak terjerumus ke dalam politik praktis. Tidak hanya itu, sinergi TNI dengan Polri juga harus ditingkatkan, dalam upaya menjaga situasi kondusif di dalam negeri.

“Stabilitas politik, stabilitas keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara kita, dalam rangka pertumbuhan ekonomi kita dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global,” ucap Presiden.

Baca Juga  Bey Machmudin: Dalam Pembiayaan Mikro Koperasi Paling Banyak Diakses oleh Rumah Tangga

Pria kelahiran Madiun, 26 November 1965 ini, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Yudo Margono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). (Afr)