banner 970x250

Sinergi BUMN, KA Wisata Mak Itam di Sumatera Barat Kembali Beroperasi

Kota Bandung, BriliaNews.com – Kereta Api Wisata Mak Itam di Sawahlunto kembali dioperasikan, setelah sebelumnya berhenti beroperasi sejak tahun 2014.

Pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam tersebut dapat terlaksana setelah adanya kolaborasi antar
BUMN yaitu KAI, Bio Farma, Pupuk Indonesia, dan Semen Indonesia.

Di samping itu ada pula Injourney yang berperan sebagai Ketua Project Management Office BUMN untuk Pariwisata Sumatera Barat.

Peresmian pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam di jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban,
Sumatera Barat, dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (20/12/2022).

Hadir pada peresmian tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, Deputy Bidang SDM & TI Kementerian BUMN Teddy Barat didampingi stakeholder terkait di Stasiun Sawahlunto Pupuk Indonesia.

Pengoperasian KA Wisata ini sebagai upaya meningkatkan pariwisata di Sumatera Barat khususnya di wilayah Sawahlunto. Masyarakat kini dapat berwisata dengan kereta api di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yaitu Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Terealisasinya proyek ini juga berkat dukungan yang diberikan oleh Pupuk Indonesia, Bio Farma, dan SIG. Melalui kerjasama dengan KAI, ketiga BUMN tersebut mendapatkan hak untuk penamaan pada stasiun dan kereta api di wilayah tersebut.

Adapun nama resmi pada Stasiun Sawahlunto menjadi Stasiun Sawahlunto Bio Farma, Stasiun Muarokalaban menjadi Stasiun Muarokalaban Pupuk Indonesia, dan KA Wisatanya sendiri diberi nama KA Wisata Mak Itam SIG.

Dalam rangka mereaktivasi jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban sepanjang 4 km ini, KAI telah melakukan
perbaikan pada jalan rel, 2 unit jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo. Selain perbaikan prasarana, KAI juga menghidupkan lokomotif uap bersejarah, yakni Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam, yang dahulu beroperasi di jalur ini untuk melayani angkutan batu bara.

Baca Juga  Stasiun Cicalengka Kembali Layani Pemberangkatan Commuter Line Bandung Raya

Selama proses perbaikan jalur tersebut, KAI berhasil mengatasi sejumlah kendala seperti keterbatasan material untuk perbaikan, jalur KA yang digunakan warga untuk beraktivitas, dan lainnya.

Demikian pula untuk perbaikan Lokomotif Mak Itam yang telah berusia 57 tahun, KAI harus mendatangkan Tim Ahli Perbaikan Lokomotif Uap dari Museum Kereta Api Ambarawa, agar dapat menangani kerusakan pada lokomotif bersejarah tersebut.

Melalui koordinasi dan komunikasi yang baik, KAI berhasil menyelasikan perbaikan ini lebih cepat dari target semula di Januari 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peresmian KA Wisata Mak Itam tidak mungkin terjadi, jika seluruh stakeholder tidak berkolaborasi dan tidak melakukannya dengan hati.

Ia menilai kolaborasi atau gotong royong merupakan budaya yang menjadi fondasi Bangsa Indonesia.

”92% Kredit Usaha Rakyat itu BUMN. Nah, kalau kita bangun pariwisatanya, UMKMnya, pendanaannya, ini
akan menjadi satu kesinambungan. Karena itu peran dari pemerintah daerah
bisa menjadi bagian dalam kelanjutannya. Kereta Wisata sudah bisa dilakukan dari Sawahlunto ke
Muaro Kalaban, nanti kita lanjutkan lagi sampai Silungkang,” kata Erick dikutip dari rilis Bio Farma.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengapresiasi pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam di jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban, Sumatera Barat, sehingga atas kolaborasi yang terbangun dengan baik harapan warga Sawahlunto untuk menggunakan kereta api bisa tercapai.

Baca Juga  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Luncurkan Petani Milenial Lebah Madu

”Pengoperasian Kereta Api Mak Itam dan Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muarokalaban ini merupakan ikhtiar dan bentuk konkret dukungan yang diberikan BUMN, dalam upaya pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera Barat melalui pengembangan sektor pariwisata dengan memanfaatkan dan melakukan optimalisasi aset BUMN yang ada di Sumatera Barat,” kata Didiek.

Sementara itu Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menuturkan diaktifkannya kembali jalur KA Sawahlunto sebagai bukti kongkret kehadiran BUMN bagi masyarakat.

”Tentunya kami merasakan sukacita dengan aktifnya kembali Jalur KA Sawahlunto – Muaro Kalaban, kami
berharap masyarakat yang berada di jalur tersebut, bisa merasakan kehadiran BUMN, terutama 4 BUMN yang berkolaborasi dalam pembangunan kembali jalur kereta api ini. Semoga dapat membantu memajukan
perekonomian masyarakat terutama di masa pandemi yang masih berlangsung,” ungkap Honesti.

Hal senada disampaikan Direktur SDM, Tata Kelola dan Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia (Persero), Tina T Kemala Intan.

Ia mengatakan, Pupuk Indonesia mendukung penuh pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-
Muoro Kalaban, Sumatera Barat.

“Selain mendukung sektor pariwisata dan perekonomian setempat, Sumatera Barat sendiri merupakan wilayah kerja Pupuk Indonesia, dan salah satu sentra pertanian di Pulau Sumatera, ” ujarnya. (Adi)