banner 970x250

UPI Raih 8 Penghargaan dari Anugerah Diktiristek dan Keterbukaan Informasi Publik 2022

Bandung, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali menorehkan prestasi, dengan meraih delapan penghargaan dari dua anugerah yang berbeda.

Tujuh penghargaan didapatkan pada Anugerah Direktorat Diktiristek 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pada Anugerah Diktiristek Tahun 2022 ini, UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner, dalam beberapa bidang yaitu bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, bidang kelembagaan, bidang kerjasama, bidang sumber daya dan bidang hubungan masyarakat.

Sebelumnya, UPI juga meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 (KIP 2022).

Anugerah Diktiristek diterima oleh Rektor UPI Prof. Dr. H.M. Solehuddin, didampingi Sekretaris Universitas Prof. Dr. H. Memen Kustiawan, dan Kepala Humas Prof. Dr. Deni Darmawan di Jakarta, pekan lalu.

“Program Anugerah Diktiristek ini ditujukan untuk mengangkat kualitas Pendidikan tinggi di tingkat dunia, ” kata Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie.

Hal senada disampaikan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam.

Menurutnya, program Anugerah Diktiristek merupakan bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi dan LLDIKTI, yang telah mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga  Pemerintah Bentuk Satgas Khusus Pemberantasan Judi Online

“Melalui program MBKM, salah satunya telah terwujud hilirisasi produk-produk riset seperti melalui Program Kedaireka,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Humas UPI Prof. Dr. Deni Darmawan mengapresiasi hasil kerja timnya dalam mewujudkan “Leading and Outstanding.”

“Dalam lima tahun terakhir Humas UPI mampu menjadi unit kerja yang memberikan sumbangsihnya dalam mewujudkan “Leading and Out Standing” atau dengan nuansa baru filosofi program kerja Rektor UPI periode 2022-2025 yaitu EDUN (Education Upturn of Nation),” tutur Deni.

“Dengan moto UPI EDUN dapat memberikan yang terbaik untuk civitasnya, dalam upaya mempercepat raihan prestasi dan perubahan pada UPI kearah yang lebih unggul, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagaimana tercantum dalam IKU ke-6 program MBKM,” ucap Deni.

Berikut tujuh penghargaan UPI pada Anugerah Diktiristek :

  1. Gold Winner, Terbaik 1 Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kategori Tim Pelaksana PPK Ormawa Sub Kategori Abdidaya Ormawa 2022 (Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) Area Komunitas Seni Sastra (AKASARA) Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Gold Winner, Terbaik Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kategori Perguruan Tinggi Subkategori Perguruan Tinggi dengan Sosialisasi Terbaik Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB)
  3. Gold Winner Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Satuan Kerja dengan Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
  4. Gold Winner Anugerah Kelembagaan Kategori Perguruan Tinggi Pengelola Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang Sub Kategori Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang Terbaik
  5. Gold Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori Insan Humas Jatmika Nurhadi
  6. Silver Winner Anugerah Humas Katergori PTN BH Subkategori Media Sosial Universitas Pendidikan Indonesia
  7. Bronze Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori Unit Layanan Terpadu. (Adi)