banner 970x250

Pembangunan Tol Getaci Masih Dalam Proses Pembebasan Lahan

Kab. Tasikmalaya, BriliaNews.com – Progres pembangunan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci), masih dalam tahap pembebasan lahan.

“Masih pembebasan lahan, agak panjang,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai peresmian revitalisasi Alun-alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (14/1/2023).

Ia menuturkan pemerintah pusat sudah merencanakan pembangunan tol yang melintasi Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan daerah lainnya, yang saat ini masih dalam proses pembebasan lahan.

Ridwan Kamil menandaskan Pemprov Jabar, berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat Tasikmalaya ke pemerintah pusat untuk membuat dua gerbang tol.

Baca Juga  Presiden Tegaskan Arahan Tidak Buka Puasa Bersama Hanya Untuk Pejabat Pemerintah

“Termasuk aspirasi exit tol diperbanyak,” katanya.

Ridwan Kamil menyebut keberadaan jalan tol itu akan memberikan dampak positif bagi daerah yang dilintasinya, yakni meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Aspirasi exit tol memang harus diperbanyak di Tasikmalaya, agar ekonomi Tasikmalaya meningkat,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan berupaya meminta kepada pemerintah pusat, untuk membantu proses pembebasan lahan pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Tasikmalaya, karena pembangunannya membutuhkan biaya besar.

Menurut dia, Pemkab Tasikmalaya tidak akan cukup untuk menganggarkan pembangunan jalan lingkar di Tasikmalaya, sehingga butuh bantuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga  Satgas Targetkan Dalam Empat Bulan Kedepan Kasus PMK di Indonesia Turun

“Jalan lingkar pembebasannya mahal sekali, APBD Kabupaten Tasikmalaya tak akan mencukupi, maka kita akan bantu ke pusat agar pembebasan lahannya bisa dibantu, dan itu pernah dilakukan di beberapa tempat,” katanya. (Afr)