banner 970x250

Target Investasi Indonesia Tahun 2023 Rp1.400 Triliun

Foto: Setpres

Jakarta, BriliaNews.com – Indonesia pada tahun 2023 menargetkan investasi Rp1.400 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk mencapai target sebesar itu perlu ada beberapa regulasi yang harus disempurnakan, yakni penyempurnaan peraturan pemerintah.

“Presiden Joko Widodo menargetkan investasi Indonesia pada tahun 2023 ini dapat mencapai Rp1.400 triliun.
Cuma, Bapak Presiden minta beberapa regulasi disempurnakan,” katanya di Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Hal senada disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Ia mengatakan pemerintah akan terus melakukan perbaikan sejumlah regulasi untuk mencapai target investasi tersebut. Salah satu kendala dalam urusan investasi, yaitu mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Baca Juga  Komisi IV DPR RI Pantau Pembayaran Kompensasi Ternak Terdampak PMK di Jabar

“Yang kendalanya itu adalah yang kelas besar, ini terkait dengan RDTR yang mana izin-izin lokasinya di daerah-daerah yang memang belum ada RKKPR-nya. Ini yang kami akan lakukan dalam kurun waktu 3-4 bulan ini, agar proses pengurusan izin lokasinya bisa segera kita lakukan,” tutur Bahlil.

“Termasuk Amdal, kami sudah berkoordinasi sama Pak Menko Marves maupun di bawah pimpinan Pak Menko Perkonomian dalam rangka melakukan percepatan hal-hal ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Bahlil menuturkan bahwa pemerintah Indonesia optimistis, dapat mencapai target nilai investasi tersebut jika melihat dari kondisi ekonomi global maupun nasional dan dengan dukungan stabilitas ekonomi.

Baca Juga  Satgas Penanganan PMK Tekankan Lima Langkah Utama Cegah Penyebaran PMK

“Atas arahan Pak Menko Perekonomian sangat optimistis untuk pertumbuhan, baik karena melihat dari beberapa laporan lembaga-lembaga dunia tentang ekonomi global maupun ekonomi nasional. Tapi saya ingin mengatakan bahwa satu saja catatannya, ekonomi nasional kita 2023 akan baik kalau stabilitas kita baik,” tandasnya. (Afr)