banner 970x250

Kanker Payudara Penyebab Utama Kematian pada Perempuan

Jakarta, BriliaNews.com – Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin mengungkapkan, kanker merupakan salah satu penyakit, yang menyebabkan banyak kematian di Indonesia. Bagi perempuan, kanker payudara menjadi penyebab utama kematian.

Menurut Menkes, Kanker yang teridentifikasi lebih awal melalui skrining, memiliki tingkat kesembuhan sekitar 90%. Sementara apabila kanker teridentifikasi di stadium akhir, maka tingkat kematiannya mencapai 90%

”Upaya yang harus dilakukan adalah skrining yang tepa, agar kanker dapat teridentifikasi lebih awal melalui skrining,” ujar Menkes di RS Kanker Dharmais, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga  Kurva Pandemi Covid-19 Menurun, Ridwan Kamil Minta Penegakan Hukum Ditingkatkan

Menkes Budi meminta RS Dharmais untuk bisa memastikan layanan kanker di Indonesia, ditingkatkan kualitasnya.

Ia menuturkan peningkatan kualitas itu perlu dilakukan, karena kenaikan kasus kanker di Indonesia sangat cepat dan menjadi tiga besar penyebab kematian.

Dikatakannya Rumah Sakit Kanker Dharmais sebagai National Cancer Center (NCC) Indonesia, telah bekerjasama dengan NCC di berbagai negara.

Baca Juga  Domba di Bandung Barat yang Mati Akibat PMK Berasal dari Luar Daerah

Saat ini RS Kanker Dharmais telah menjadi pengampu nasional jaringan kanker untuk pengembangan layanan kanker, pelatihan dan pendidikan para ahli kanker di Indonesia.

(Afr)