banner 970x250

Kereta Panoramic Kembali Beroperasi

Bandung, BriliaNews.com – Kereta Panoramic hari ini, Jum’at (3/2/2023) kembali beroperasi, setelah sebelumnya dihentikan sementara sejak 9 Januari 2023 lalu.

Kereta Panoramic diluncurkan pada 24 Desember 2022 dan dioperasikan hingga 8 Januari 2023, untuk mendukung layanan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 dengan
dirangkaikan pada KA Taksaka tambahan relasi Gambir – Yogyakarta.

“Setelah proses evaluasi, hari ini (3/2) kereta Panoramic kembali beroperasi,” kata Humas PT Kereta Api Pariwisata M.Ilud Siregar dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (3/2/2023).

Menurut Ilud Siregar pengoperasian dan perjalanan Kereta Panoramic, dirangkaikan dengan KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) relasi Gambir-Bandung (PP) dan KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) Relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP).

Di hari ini okupansi penumpang kereta panoramic sudah mencapai kurang lebih 109%, dengan jumlah penumpang mencapai 83 penumpang dari 76 seat penumpang yang tersedia.Penambahan volume disebabkan adanya turun naik penumpang untuk KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) relasi Bandung-Surabaya Gubeng.

“Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama, yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan, dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan,” ujarnya.

Ilud mengatakan pola pengeporasian kereta Panoramic sama dengan kereta wisata. Ada 2 (dua) pola perjalanan yaitu Pola FIT (Perorangan) dan Pola Charter atau Sewa.

Untuk rangkaian saat ini ada 2 (dua) seat rangkaian dengan jumlah tempat duduk yang disediakan 38 seat dari sebelumnya 46 seat.

Perubahan atau pengurangan seat tersebut dalam upaya meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan, sehingga para penumpang akan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar.

Baca Juga  Launching KAIfetaria, Nikmati Diskon khusus untuk Pengguna Qris Wondr di KAIfetaria Selama Bulan Agustus 2024

Lebih lanjut dikatakan Ilud Siregar, pada kereta panoramic juga ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke Para Penumpang Kereta Panoramic.

‘Untuk keamanan bagasi, setiap penumpang diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal, yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas,” tuturnya.

Ia menambahkan di bulan Februari 2023
Kereta Panoramic
akan berjalan di hari-hari weekend, dengan tarif kurang lebih Rp350.000,-, yang dirangkaikan dengan Kereta Api Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP), sedang tarif kereta Panoramic yang dirangkaian pada KA Argo Wilis dengan Relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP) kurang lebih Rp1.120.000,-.

Adapun jadwal keberangkatan Kereta Panoramic sebagai berikut:

  1. KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir jam 04:55 dan tiba di Bandung jam 07:52 (Berjalan di hari Jumat)
  2. KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung jam 08:15 dan tiba di Surabaya Gubeng jam 18:10. (Berjalan di hari Jumat)
  3. KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng jam 07:30 dan tiba di Bandung jam 17.25.(Berjalan di hari Minggu)
  4. KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung jam 18:15 dan tiba di Gambir jam 21.19.(Berjalan di hari Minggu)

Bagi Masyarakat dan Para Penumpang yang akan bepergian menggunakan Kereta Panoramic dapat melakukan pemesanan tiket KA kereta api Panoramic Argo Parahyangan dan Kereta Api Panoramic Argo Wilis, melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya, sedangkan untuk pemesanan atau pola Charter atau sewa dapat menghubungi Miss.Veronika di Nomor +62811 1220 7206, Miss Rizka +62 811 1220 7207 dan Mr Tiko +62811 1220 7209.

Baca Juga  PT KAI Daop 2 Bandung Kecam Aksi Pelemparan Batu Terhadap KA Pasundan

Ilud Siregar menambahkan dalam setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi, dan juga menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta serta Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan.

“Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang, yang dapat dibuka tutup secara otomatis sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” pungkasnya. (Ida)