banner 970x250

Libur Lebaran 2023, Kemenparekraf Siapkan Protokol Kesehatan, Keselamatan, Penyelenggaraan Usaha Pariwisata

Jakarta, BriliaNews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf/ Kabaparekraf RI), sedang melakukan persiapan menyambut mudik dan libur lebaran tahun 2023.

Menparekraf/Kabaparekraf RI) Sandiaga Uno mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan 15 titik posko mudik mulai dari Lampung hingga Jawa Timur.

“Kami akan membuat tim monitoring karena inilah the mother off all movement of domestic tourist. Kita harus pastikan setengah dari (target) 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara tahun ini bisa kita hadirkan dengan momentum libur lebaran,” ujar Sandiaga dalam “Weekly Brief with Sandi Uno” secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (13/02/2023).

Baca Juga  Pemprov. Jabar Fasilitasi Dialog Perusahaan-Pekerja Soal THR

Menurut Sandiaga Uno Kemenparekraf juga mendukung kesiapan jalur alternatif atau Jalur Lintas Selatan (JLS), dengan menghadirkan beberapa titik rest area yang tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tapi juga produk-produk ekonomi kreatif UMKM representasi dari destinasi di sepanjang jalur lintas selatan.

Terkait hal itu ia mengajak masyarakat untuk dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Baca Juga  Jika Tidak Ingin Kena Sanksi, Ikuti Larangan Mudik Lebaran

“Kami akan mengeluarkan surat edaran untuk protokol-protokol yang harus dipatuhi, termasuk protokol kesehatan, keselamatan, penyelenggaraan usaha pariwisata serta keberlanjutan lingkungan,” kata Menparekraf Sandiaga. (Afr)