banner 970x250

Indonesia Tahun 2023 ini Dapat Tambahan Quota Jemaah dan Petugas Haji

Bandung, BriliaNews.com – Pada penyelenggaraan haji tahun 1444 H/2023 M Indonesia mendapat tambahan kuota jemaah dan petugas haji dari Kerajaan Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah Arab Saudi pekan ini. Keduanya membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji, termasuk tambahan kuota.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tambahan kuota petugas akan difokuskan dalam penguatan layanan jemaah lansia. Karena,
dari 203.320 kuota haji reguler, lebih dari 64 ribu jemaah yang masuk kategori lansia.

Baca Juga  Pemkot Bandung Buka 3.525 Formasi pada Penerimaan CPNS dan PPPK 2021

“Sejak awal kami berkomitmen, untuk memberikan perhatian kepada para jemaah lansia. Karenanya, penyelenggaraan tahun ini mengusung tagline Haji Ramah Lansia,” ujar Menag dalam keterangan resminya, Senin (13/3/2023).

Beragam persiapan layanan pun, ujar Gus Men, difokuskan dalam upaya memberikan yang terbaik untuk jemaah, termasuk mereka yang lansia. Hal-hal detail menjadi perhatian, antara lain penambahan toilet perempuan di Arafah dan Mina. Sebab, mayoritas jemaah Indonesia adalah perempuan. Mereka juga membutuhkan waktu lebih lama saat di toilet.

Baca Juga  Tiba di Majalengka, Presiden Jokowi Awali Rangkaian Kunjungan Kerja di Jawa Barat

“Akan ada rekrutmen khusus untuk pengisian tambahan kuota petugas, dan ini difokuskan pada penguatan layanan lansia,” ujarnya. (Afr)