banner 970x250

Resmikan Galeri Rasulullah, Ridwan Kamil : Tambah Kebanggaan Masjid Raya Al Jabar

Kota Bandung, BriliaNews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pembukaan Galeri Rasulullah dan Perkembangan Islam di Jawa Barat.

Galeri ini merupakan salah satu fasilitas di Kawasan Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung.

“Hari ini, Senin tanggal 27 Maret 2023, kita secara resmi membuka fasilitas teristimewa di Indonesia, di Asia, di dunia ini, yang namanya Galeri Rasulullah dan Perkembangan Islam di Indonesia dan Jawa Barat,” ucap Ridwan Kamil, Senin (27/3/2023).

Ridwan Kamil menjelaskan galeri seluas 3.000m2 ini berisi berbagai informasi yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

“50% bentuknya digital. Dari mulai lahirnya Rasul di Tahun Gajah, kemudian saat di Makkah, Madinah, Fathu Makkah sampai Haji Wada, diceritakan di sini. Setelah itu pasca Rasul wafat, Islam berkembang ke Afrika Eropa, sampai ke Asia, dan akhirnya sampai ke Banten, Cirebon, dan ke kita di hari ini,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga  Gumasep Gebyar UMKM, Kecamatan Antapani Sukses Naikkan Omzet 120 Pelaku UMKM

“Di sana juga ada ulama-ulama Jawa Barat ditampilkan untuk menunjukkan kehormatan kita,” tambahnya.

Saat ini masyarakat umum sudah bisa mengunjungi galeri dengan mendaftar di aplikasi Sapawarga. Galeri ini buka dari jam 1 sampai jam 5 sore, dan akan di bagi dalam 6 sesi dengan durasi 45 menit persesi dan persesi 20 orang.

Pengunjung pun bisa menikmati fasilitas ini secara gratis hingga 1 atau 2 bulan ke depan. Setelah itu, akan diberlakukan sistem tiket berbayar secara digital. Walau begitu belum ada informasi mengenai besaran harga tiket galeri ini.

“Karena keterbatasan tempat, ini akan berbayar. Berbayarnya nanti menggunakan digital, sehingga terseleksi. Tentu nanti diatur subsidi atau diskon-diskon kepada golongan-golongan masyarakat yang berhak, seperti anak-anak sekolah, lansia, disabilitas, dll,” tutur Ridwan Kamil.

Dengan adanya Galeri Rasulullah ini, Ridwan Kamil berharap bisa menambah kebanggaan atas adanya kawasan Masjid Al Jabbar ini.

Baca Juga  Pj Gibernur Jabar Bey Mahmudin Hadiri Peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan Kabupaten Purwakarta ke-56

“Di atasnya ada tempat shalat yang luar biasa besar dengan kapasitas 32 ribuan, kemudian dibawahnya ada museum pengetahuan ke-Islaman yang sangat komprehensif. Lalu di luarnya ada danau pengendali banjir, dsb,” ujarnya.

“Mudah-mudahan ini meramaikan hasanah wisata religi, yang memang menjadi kebanggaan kita semua,” tutupnya.

Peresmian dihadiri Gubernur Jabar periode 2008 – 2013 s/d 2013 – 2018 Ahmad Heryawan, Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Harris Bobihoe dan Ketua MUI Jabar Rahmat Syafe’i.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida