banner 970x250

Mudik Lebaran Frekuensi KA Meningkat, Pengendara Kendaraan Bermotor Waspada Lewati Perlintasan Sebidang

Kota Bandung, BriliaNews.com – Para pengendara kendaraan bermotor, dihimbau waspada saat melintasi perlintasan sebidang karena frekuensi perjalanan kereta api pada musim mudik Lebaran meningkat.

Banyaknya masyarakat yang mudik tahun ini akan membuat kepadatan arus lalu lintas di berbagai ruas jalan, sehingga dibutuhkan kewaspadaan serta kesabaran ketika berkendara.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Joko Widagdo mengatakan,
pada masa Angkutan Lebaran 2023 (14 April – 2 Mei), Daop 2 Bandung mengoperasikan 497 perjalanan KA jarak jauh terdiri atas 440 perjalanan KA reguler dan 57 perjalanan KA tambahan.

Jumlah perjalanan KA tersebut belum termasuk 1.176 perjalanan KA Lokal, yang tetap dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran.
Karena itu, ia menghimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor waspada ketika melewati perlintasan sebidang.

“Kami imbau pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor untuk selalu berhati – hati, ketika melewati perlintasan sebidang. Pastikan untuk berhenti sejenak saat akan melewati perlintasan, serta pastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” kata Joko Widagdo, Senin (10/4/2023).

Baca Juga  Pak Uu Apresiasi Festival Pop Sunda Badan Penghubung Jabar

Menurutnya, di wilayah Daop 2 Bandung terdapat 406 perlintasan, 75% diantaranya (302 perlintasan) tidak dijaga.

Pada masa Angkutan Lebaran ini, Daop 2 Bandung menempatkan 36 penjaga perlintasan sebidang ekstra di titik yang dianggap rawan kecelakaan.

“Langkah antisipasi kami lakukan dengan menyiagakan petugas penjaga perlintasan di titik-titik rawan, tidak hanya untuk keselamatan perjalanan KA dan pelanggan tapi juga bagi pemudik lain yang menggunakan kendaraan bermotor juga terjaga,” ucapnya.

Sementara itu Daop 2 Bandung bersama para stakeholders dan Komunitas Pecinta KA, juga secara rutin melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang.

Sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan ketika melewati perlintasan sebidang, dilakukan setiap minggu guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

Baca Juga  Masa Angkutan Nataru 2022, Daop Bandung Jalankan 81 Perjalanan Tiap Hari

Terkait keselamatan di jalur KA, Daop 2 Bandung juga kembali mengingatkan masyarakat, untuk tidak melakukan aktivitas di jalur KA.

Diharapkan masyarakat dapat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Masyarakat diminta jangan segan-segan untuk memberikan pengertian atau teguran, jika ada yang bermain atau melakukan kegiatan di jalur kereta api.

(Ida)