banner 970x250

Tekan Angka Pengangguran, Kewirausahaan pada Generasi Muda Perlu Dikenalkan Sejak Dini

Bandung, BriliaNews.com – Kewirausahaan adalah usaha kreatif dan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan memiliki nilai tambah, serta memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi banyak orang.

Seseorang yang memiliki sifat kewirausahaan dapat memperoleh berbagai manfaat, yang akan berdampak bagi seseorang secara pribadi maupun bagi masyarakat luas.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mengatakan,
kewirausahaan memiliki empat manfaat sosial yakni memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta mengubah dan meremajakan pasar.

“Dengan kewirausahaan, dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat,” kata politisi partai Gerindra tersebut baru-baru ini.

Baca Juga  Animo Masyarakat Mudik Lebaran Tinggi, Presiden Jokowi Minta Jajarannya Siapkan dengan Matang

Legislator Jawa Barat dari Partai Gerindra Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) ini menilai, kewirausahaan kini menjadi tulang punggung perekonomian, karena dapat mendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu bangsa.

Namun demikian, mental kewirausahaan harus ditanamankan sejak dini diantaranya dengan menciptakan wirausaha baru.

“Untuk itu harus menciptakan mental wirausaha, karena wirausaha tidak selalu bergantung pada modal, tetapi mentalitas yang utama,” katanya.

Menurut Dadang wirausaha baru kini didominasi oleh kalangan muda, karena mereka dapat bergerak secara otomatis dan energi mereka pun masih berlebih, sehingga dalam menjalankan usaha dan kesuksesan dalam berusaha lebih besar, bahkan tingkat kegagalan juga rendah.

“Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, dapat menampikkan wirausaha untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan,serta menjadi solusi untuk menekan angka pengangguran.

Baca Juga  Penyelenggaraan Umrah Akan Jadi Simulasi Kesiapan Jemaah Haji Indonesia

Ia menambahkan, keuntungan menjadi seorang wirausahawan, adalah mendapat keuntungan dari pekerjaan.

“Dengan berwirausaha, akan semakin mengasah soft skill yang dimiliki, banyak pengalaman dalam bekerja, dan juga dapat belajar untuk mengenali keinginan diri,” pungkas Dadang Kurniawan. (Ida)