banner 970x250

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Dukung P2LIPI Tingkatkan Ekonomi Perempuan Pelaku UMKM

Kota Bandung, BriliaNews.com – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi
Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (P2LIPI), yang telah membantu pemerintah dalam bidang perekonomian khususnya perekonomian ibu-ibu yang ada di Jabar.

Ekonomi Jabar dikatakannya menunjukkan peningkatan, namun belum merata dan berkeadilan.

“Maka, apapun organisasinya, kalau itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Jabar, saya akan dukung. P2LIPI saya nilai sudah berkarya dalam peningkatan ekonomi Jabar,” ucap Uu ketika membuka Festival 2.0 P2LIPI Jawa Barat di Pusdai jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (5/4/2023).

Menurut Uu, dengan situasi dan kondisi saat ini, banyak peluang bagi perempuan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih maju lagi. Termasuk di dalam nya adalah bidang ekonomi.

Namun diingatkannya, ibu-ibu dan perempuan pelaku UMKM, harus mengikuti perkembangan jaman dengan terjun ke dunia digital dalam mengembangkan usahanya.

“Bisnis sekarang tidak perlu ruko, tidak perlu juga memiliki kios di pasar, tidak perlu juga toko di pinggir jalan, bahkan sekarang banyak tempat-tempat jualan yang redup karena dunia digital sedang meraja lela,” tuturnya.

Baca Juga  HAORNAS 2022, Ridwan Kamil Ajak Para Atlit Terus Asah Kemampuan

Ketua Umum DPP PPLIPI, Indah Suryadharma Ali menuturkan, festival di Jabar akan dijadikan pilot project bagi daerah lain karena dinilai berjalan sukses dan mendapat support dari banyak pihak.

“Jabar akan saya jadikan pilot project
untuk P2LIPI di wilayah lain, dimana P2LIPI ada di 13 provinsi, karena saya melihat ini bagus sekali,” tambahnya.

Indah mengatakan, di pusat, P2LIPI juga memiliki program signature P2LIPI yaitu pemberian permodalan kepada para pelaku UMKM perempuan yang dilakukan setahun sekali.

“Saya berharap kegiatan ini juga menjadi signature dari kegiatan di Jabar. Sehingga P2LIPI bisa ikut memberikan semangat kepada pelaku UMKM, sehingga diharapkan para pelaku UMKM bisa menunjang kesejahteraan keluarganya,” tutur Indah.

Menurut Ketua PPLIPI DPW Jabar Hj. Lina Marlina, kegiatan ini merupakan yang kedua kali setelah sebelumnya digelar tahun lalu

Tujuannya untuk membina dan memberikan peluang bagi perempuan pelaku UMKM untuk memamerkan hasil produknya.

Baca Juga  Jawa Barat Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi peluang untuk membuat para pelaku UMKM ini naik kelas,” harap Lina.

Festival 2.0 P2LIPI Jawa Barat diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba mewarnai dan kajian keagamaan, pelantikan DPC P2LIPI di tiga kota/kabupaten yaitu DPC Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, dan Kota Tasikmalaya.

Selain itu seminar sehat, lion dance, lomba Al Barjanji, demo masak, tutorial make up, parade akustik, parade gamus dengan bintang tamu Doel Soembang.

“Yang paling utama kita juga menggelar bazar UMKM yang diikuti oleh 53 UMKM. Dan pada puncak acara, kita berikan santunan untuk 1.000 anak yatim dan duafa,” kata Ketua Pelaksana Hj. Noni Muharomah.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida