banner 970x250

Aksi Heroik Petugas PJL Selamatkan Nyawa Pedagang Asongan di Perlintasan Sebidang Laswi Bandung

Kota Bandung, BriliaNews.com – Petugas penjaga pintu perlintasan (PJL), berhasil menyelamatkan seorang pejalan kaki, yang nyaris menemper KA Malabar relasi Bandung – Malang di JPL 165A perlintasan sebidang Jalan Laswi kota Bandung, Minggu (14/5/2023).

Berkat kesiagaan Rangga Novembriantina petugas PJL tersebut,
pejalan kaki yang merupakan pedagang asongan itu
selamat dari maut, ketika melintasi perlintasan sebidang dan pada saat yang sama melaju KA Malabar.

“PT KAI Daop 2 Bandung mengapresiasi aksi heroik petugas PJL, dalam menyelamatkan pedagang asongan dari musibah di perlintasan kereta api,”
kata Manager Humas KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, Senin (15/5/2023).

Menurut Mahendro musibah yang nyaris menimpa pedagang asongan itu, disebabkan kurangnya kehati-hatian pengguna jalan saat akan melintasi perlintasan sebidang.

Baca Juga  Pangdam III/Slw Tutup TMMD ke-121 di Wilayah Kodam III/Slw

Hal itu bukan hanya membahayakan pengguna jalan itu sendiri, tetapi juga berpotensi membahayakan perjalanan kereta api.

“Kami menyayangkan masih terjadinya hal tersebut. Kami selalu menghimbau para pengguna jalan, agar berhati – hati ketika melewati perlintasan sebidang. Pastikan untuk berhenti sejenak ketika akan melewati perlintasan, serta pastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” tambah Mahendro.

Ia menambahkan aturan terkait perlintasan sebidang, tertuang dalam Undang-Undang 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 yang berbunyi, “pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Untuk itu diperlukan kesadaran dari setiap pengguna jalan agar mematuhi seluruh rambu-rambu dan isyarat yang ada, saat melalui perlintasan sebidang mengingat keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab setiap individu.

Baca Juga  Pemdaprov Jabar dan BAPETEN Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penggunaan Nuklir di Bidang Kesehatan

“Kami berharap masyarakat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Jangan segan-segan menegur, apabila ada pengguna jalan yang melanggar rambu-rambu di perlintasan sebidang demi keselamatan pengguna jalan dan perjalanan kereta api,” tutup Mahendro.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida