banner 970x250

GAPEKA 2023 KAI Commuter Wilayah 2 Bandung, Mulai 1 Juni Stasiun Gedebage Dioperasikan

Kota Bandung, BriliaNews.com – KAI Commuter Wilayah 2 Bandung terus meningkatkan pelayanan KA Lokal di wilayah 2 Bandung dan sekitarnya.

Peningkatan ini akan dijalankan pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api, yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Wilayah 2 Bandung, Anne Purba mengatakan, peningkatan pelayanan pada Gapeka tahun ini adalah dengan memperkecil headaway antara 31 sampai 90 menit.

Headway rata-rata untuk perjalanan kereta-kereta commuter di Wilayah 2 Bandung dan sekitarnya, yakni pada rute Cikarang-Purwakarta jarak tempuh lebih singkat menjadi 31 menit, Purwakarta-Padalarang menjadi 50 menit, Padalarang-Cicalengka menjadi 2 menit, Cicalengka-Cibatu menjadi 90 menit dan Cibatu-Garut menjadi 50 menit.

Baca Juga  Pemdaprov Jabar Sudah Distribusikan 15 Juta Air Bersih ke 23 Kabupaten dan Kota

“Pada Gapeka 2023 ini, stasiun Gedebage Bandung, dioperasikan untuk melayani pengguna yang akan naik dan turun Commuterline Bandung Raya dan Commuter Garut Cibatuan,” kata Anne Purba dalam siaran persnya, Selasa (16/5/2023).

Anne menuturkan, untuk mempermudah perjalanan Commuter Line Lokal Wilayah 2 Bandung pengguna dapat menggunakan Aplikasi KAI Access untuk reservasi dan pembelian tiket perjalanan, sehingga pengguna akan lebih safe dengan jadwal perjalanan menggunakan kereta api.

“KAI Commuter akan terus memberikan pelayanan dan improvement kepada seluruh pengguna, agar masyarakat menggunakan moda transportasi publik khususnya kereta api dalam bermobilisasi,” ucapnya.

Dalam Gapeka 2023 ini, KAI Commuter wilayah 2 Bandung mengoperasikan 58 Perjalanan Commuterline lokal perhari.

Adapun Perjalanannya antara lain :

  1. Commuterline Bandung Raya Relasi Padalarang (Pdl) – Cicalengka (Ccl) 40 Perjalanan/ hari PP
  2. Commuterline Garut Relasi Cibatu (Cb) – Padalarang (Pdl) 2 Perjalanan/ hari PP
  3. Commuterline Walahar Relasi Cikarang (Ckr) – Purwakarta (Pwk) 10 Perjalanan/ Hari PP
  4. Commuterline Jatiluhur Relasi Cikarang (Ckr) – Cikampek (Ckp) 2 Perjalanan/ Hari PP
  5. Commuterline Garut Relasi Garut (Grt) – Purwakarta (Pwk) 4 Perjalanan/ Hari PP
Baca Juga  Wagub Jabar Uu Ruzhanul Dukung P2LIPI Tingkatkan Ekonomi Perempuan Pelaku UMKM

Sebelum gapeka 2023 Jadwal Perjalanan terakhir Commuterline Bandung raya dari Cicalengka – Padalarang pukul 23:05 dan Padalarang – Kiaracondong 00.20  menjadi Cicalengka – Kiaracondong pukul 23.20 dan Padalarang – Kiaracondong 23.40.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida