banner 970x250

Jelang Idul Adha, 100 Juru Sembelih Halal di Garut Ikuti Bimtek

Kab. Garut, BriliaNews.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut bekerja sama dengan DPD JULEHA Garut, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (JULEHA).

Bimtek dilaksanakan selama dua hari (23-24/5/2023), sebagai persiapan menghadapi Idul Adha terutama berkaitan dengan penyembelihan hewan qurban dan ternak oleh masyarakat.

“Bimtek ini juga sebagai upaya untuk menjadikan lebih banyak lagi penyembelih hewan ternak yang benar dan memiliki sertifikat,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di aula Diskanak Kabupaten Garut, Selasa (23/5/2023).

Wabup Garut meyampaikan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi juru sembelih yang profesional, dan siap dipanggil atau diminta oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk menyembelih hewan ternak.

Baca Juga  Peringatan Hari Ibu, Momentum Setarakan Kedudukan Perempuan dengan Kaum Lelaki

“Sehingga masyarakat bisa dengan mudah pula mendapatkan juru sembelih, dan hasil sembelihannya halal untuk dimakan,” imbuhnya.

Kepala Diskanak Garut, Sofyan Yani, menyampaikan, selain DPD JULEHA Garut, kegiatan ini juga melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI Kabupaten Garut) dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Garut.

Bimtek digelar dalam dua angkatan diikuti 100 peserta, perwakilan dari 14 kecamatan serta ormas keislaman dari NU, Muhammadiah dan Persis.

Sofyan menyebutkan, media pelatihan dalam kegiatan ini adalah langsung menggunakan ternak. Setiap angkatan akan menyembelih 2 ekor ternak sapi, dengan total peserta 100 orang dari 2 angkatan.

Baca Juga  Dalam 5 TahunTerahir Pemprov Jabar Kucurkan Bantuan Hampir Rp1 Triliun Untuk Kabupaten Bogor.

“Satu angkatan dua ekor, jadi konfirmasi ada 4 ekor yang akan kami sembelih, satu angkatan 2 ekor,” katanya.

Editor : Afrida