banner 970x250

Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, UPI Buka Seleksi Prestasi Istimewa SNPMB

Bandung, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru, melalui Seleksi Prestasi Istimewa pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023.

Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. Deni Darmawan mengatakan, penerimaan mahasiswa baru UPI melalui jalur Prestasi Istimewa (PI) dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi istimewa.

Hal itu ditunjukkan melalui karya seni atau teknologi monumental, yang mendapat pengakuan masyarakat atau berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui seleksi calon mahasiswa baru PI ini, diharapkan dapat meningkatkan keunggulan dan prestasi mahasiswa UPI pada tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya, Kamis (11/5/2023).

Prof. Deni Darmawan menjelaskan, penilaian Seleksi Prestasi Istimewa UPI menggunakan nilai Tes Kecerdasan dan Motivasi Berprestasi, Portofolio, Ujian Keterampilan, dan Wawancara.

Peserta juga harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh UPI, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Persyaratan Umum untuk seleksi prestasi istimewa yaitu :

  1. Siswa harus memiliki karya seni, desain dan/atau teknologi monumental, yang mendapatkan pengakuan masyarakat. Karyanya tetsebut dibuktikan dengan surat keterangan dan/atau sertifikat dari lembaga yang berwenang (seperti Kepala Sekolah) dan/atau informasi dari media (dibuktikan dengan link web yang relevan) atau
  2. Siswa hafidz Al-Qur’an minimal 15 Juz dibuktikan dengan Sertifikat/Surat Keterangan dan uji kinerja khusus, atau
  3. Siswa memiliki prestasi juara berupa medali (emas, perak atau perunggu) atau ranking (1, 2 atau 3) lima tahun terakhir pada olimpiade/kejuaraan akademik, kejuaraan olahraga, seni, desain, dan/atau keagamaan [seperti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)] tingkat provinsi/nasional/internasional, yang dibuktikan dengan surat keterangan dan/atau sertifikat dari lembaga yang berwenang dan uji validasi khusus;
  4. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2023, 2022, 2021 dan 2020;
  5. Mempunyai kesehatan fisik dan mental yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.
Baca Juga  UPI Anugerahkan Gelar Doktor Kehormatan untuk Mien R Uno dan Peter Hywel Coleman

Pada beberapa program studi kata Deni Darmawan, peserta harus memenuhi persyaratan khusus, yaitu pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris), dan pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Alqur’an.

Ia menambahkan, pendaftaran seleksi prestasi istimewa hanya dapat memilih 1 (satu) Program Studi. Selain itu, pendaftaran dilakukan secara daring (online) pada laman https://pmb.upi.edu;

“Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online). Jika peserta ingin mengubah pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank, tanpa bisa meminta kembali uang yang disetor sebelumnya,” tegasnya.

Baca Juga  Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin Ingatkan ASN Jaga Netralitas pada Pemilu 2024

Waktu Pendaftaran seleksi prestasi istimewa dimulai dengan pengambilan Nomor Bayar dilakukan secara daring (online) dari tanggal 12 Mei – 30 Juni 2023.

Pembayaran Biaya Pendaftaran dimulai pada 12 Mei 2023 dan berakhir pada 30 Juni 2023 Pukul 15.00 WIB, pengisian biodata peserta secara daring (online) dimulai pada 12 Mei 2023 dan berakhir pada 30 Juni 2022 Pukul 23.59 WIB, dan pencetakan Kartu Peserta dimulai pada 12 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 30 Juni 2023 Pukul 23.59 WIB.

Biaya pendaftaran PI 2023 sebesar Rp 350.000,- (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

Pewarta : Adi
Editor : Afrida