banner 970x250

TPS Ciwastra “Over Capasity”, Ini Solusi Pemkot Bandung

Kota Bandung, BriliaNews.com – Pemerintah Kota Bandung terus berupaya meminimalisir dan mengendalikan tumpukan sampah di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Kota Bandung. Termasuk di TPS Pasar Ciwastra yang sampahnya sudah melebihi daya tampung TPS tersebut.

Menurut Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Perumda Pasar harus turut menyelesaikan masalah sampah TPS Pasar Ciwastra, agar tidak menggunung dan Jadi Beban Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Perumda Pasar harus punya tanggung jawab. Ini akan kita bicarakan,” kata Ema saat meninjau TPS Pasar Ciwastra, Senin (8/5/2023).

Baca Juga  Revitalisasi Situ Ciburuy Terhambat Proses Lelang

Ema memastikan akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk pengendalian sampah di Pasar Ciwastra, dengan cara menutup sementara TPS agar lebih tertata dan rapi.

“Kita pakai seng supaya nanti orang datang ke pasar itu tidak langsung lihat gunungan sampah. Secara bertahap dalam waktu 3 hari, bisa kita bersihkan,” tuturnya.

Di luar itu, Ema mendorong aparat kewilayahan untuk terus mengedukasi warga soal sampah. Sehingga warga bisa mengurangi produksi sampah dan bisa menahan untuk tidak membuang sampah ke TPS.

Baca Juga  Jabatan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum Berakhir 5 September 2023

“Masyarakat masih menganggap sampah itu adalah barang-barang sisa yang memang harus jauh dan tidak ada pemikiran untuk dimanfaatkan. Ini pekerjaan besar, mengedukasi masyarakat itu tidak mudah,”. jelas Ema.

Editor : Sri