banner 970x250

Jaga Kualitas Akses Internet, Kominfo Akan Pantau Layanan SATRIA-1

BriliaNews.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan pemantauan kualitas layanan akses internet yang disediakan Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1. Sesuai rencana satelit internet cepat itu akan beroperasi mulai awal tahun 2024.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto menyatakan, secara umum Kementerian Kominfo melakukan pemantauan Quality of Service (QoS) untuk seluruh layanan telekomunikasi yang disediakan penyelenggara telekomunikasi, baik swasta maupun pemerintah.

“SATRIA-1 akan uji coba pada Desember 2023 dan Januari 2024 akan bisa melayani titik pelayanan publik. Untuk SATRIA-1 kami juga melakukan pemantauan kualitas layanan internet,” tandasnya di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Jumat (16/06/2023) waktu setempat.

Wayan Toni menyatakan SATRIA-1 akan memenuhi kebutuhan internet untuk mendukung layanan publik kesehatan, pendidikan dan pemerintahan. Keberadaan SATRIA-1 melengkapi penyediaan akses internet melalui Base Transceiver Station dan jaringan kabel serat optik Palapa Ring.

Baca Juga  Teknologi Digital Berkembang Pesat, Dunia Pendidikan Harus Cepat Ciptakan Pola Pembelajaran Baru

“Melalui Pusat Monitoring Nasional, Kominfo juga akan melakukan pemantauan kualitas layanan. Terutama sinergi layanan dari BTS dan Palapa Ring,” ujarnya.

SATRIA-1 menjadi satelit pertama milik Pemerintah setelah privatisasi sektor telekomunikasi satelit yang berlangsung di tahun 1980-an. Kehadiran SATRIA-1 akan menjadi tonggak sejarah dalam penyediaan layanan kepada masyarakat oleh Pemerintah.

“Ini bukanlah satelit pertama ada di Indonesia. Namun, akan menjadi satelit multifungsi pertama yang digunakan Pemerintah. Dalam hal ini Kominfo yang dilaksanakan dengan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” ujarnya.

Sejak Sistem Komuniaksi Satelit Domestik di tahun 70-an, Indonesia beralih ke privatisasi sehingga selama ini penyelenggara satelit dari sektor swasta,” tuturnya.

Baca Juga  Ridwan Kamil Sebut Command Center Sumedang Wajah Digital West Java

Wayan Toni mengungkapkan kemungkinan ada peluncuran satelit lain milik Pemerintah. Menurutnya, hal itu merupakan bukti komitmen Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet di seluruh Indonesia.

“Akan ada satelit selanjutnya, namun sangat bergantung dari keberhasilan SATRIA-1 (mengorbit). Bahkan Kominfo juga sudah menyiapkan Hot Backup Satellite yang akan meluncur akhir tahun ini,” pungkasnya.

Editor : Adi