banner 970x250

49.403 Tiket KA di Daop 2 Bandung Terjual pada Momen Libur HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Kota Bandung, BriliaNews.com – Momen libur HUT ke-78 Kemerdekaan RI, dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api.

Berdasarkan pantauan pada 18 Agustus 2023, sebanyak 49.403 tiket di Daop 2 Bandung telah terjual pada perioe 16-20 Agustus 2023.

“Tujuan favorit para pelanggan pada momen ini di dominasi KA dengan tujuan timur seperti Yogyakarta, Solo, dan Surabaya,” jelas Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, Jum’at (18/8/2023).

Menurut Mahendro, Daop 2 Bandung sendiri pada periode tersebut menyiapkan 23 perjalanan KA, untuk melayani masyarakat sekaligus mengantisipasi peningkatan volume pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dimomen libur HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Selain itu, guna mengakomodir dan mengantisipasi lonjakan pelanggan, Daop 2 Bandung juga mengoperasikan 1 KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Bandung – Gambir.

Baca Juga  KAI Daop 2 Bandung Serahkan Bantuan Senilai Rp190 Juta Untuk Pembangunan Sarana Ibadah dan Sekolah di 5 Kabupaten Kota

“Daop 2 Bandung mengimbau kepada pelanggan KA agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini agar pelanggan tidak tertinggal kereta, mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di saat memasuki libur weekend,” ujarnya.

Mahendro juga mengingatkan bahwa mulai 3 Agustus 2023 penumpang, yang “dengan sengaja” melebihi relasi yang tertera pada tiketnya, akan dikenakan sanksi berupa denda hingga sanksi tidak diperkenankan naik kereta api untuk sementara waktu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan ini untuk kenyamanan bersama dan tertib menggunakan transportasi kereta api, sekaligus mencegah pelanggaran penumpang melebihi tujuan yang tertera pada tiket.

Adapun besaran dendanya yaitu 2 kali dari harga tiket parsial subkelas terendah, sesuai dengan kelas pelayanan yang tertera pada tiket dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan.

Baca Juga  Pelanggar PPKM Darurat di Kota Bandung, Ikuti Sidang Tipiring on The Street

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen libur HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini, berjalan lancar, aman, tertib, terkendali dan selamat sampai tujuan,” tutup Mahendro.

Editor  : Afrida